Selasa, 19 Januari 2016

Manfaat sebuah novel #1day1post #19

Oke,
Hestek #1day1post terkesan bulshit ya? Secara postingannya enggak sehari sekali. Sekarang tanggal 19 dan harusnya udah hestek yang ke #19
Hufhhhhh

Lalu saya mendadak ketemu satu ide untuk dituliskan dikala saya mencuci baju. Yaitu tentang manfaat sebuah novel. Btw, saya udah beli chronicle of audy yang buku ke tiga hahahaha. Baru baca dikit.

Jadi geneh yahh
Ketika membaca sebuah novel, saya pikir ianya harus memberi manfaat. Yah sekedar menghibur juga bisa. Tapi manfaat yang lebih dari itu saya rasa juga penting. Seperti novel-novel asma nadia. Unsur-unsur religi butuh diselipkan di sana agar novel tak hanya jadi ladang uang namun juga ladang pahala. Cieee.

Saya menyadari ini belakangan dan kini tengah berusaha keras menulis sesuatu yang bermanfaat.

Novel Audy yang sedang saya baca ini contohnya. Sangat menghibur. Tapi dari sisi religi sih enggak memberi efek ya, secara ini bukan novel religi. Tapi saya agak lucu juga. Soalnya orizuka itu kan jilbaber, tapi di novelnya ini tak ada sentuhan religi sama sekali. Why. Bahkan para pemeran pun tak dijelaskan beragama apa. Sepertinya sih Audy itu islam ya? Tapi Rex? Namanya kayak bukan islam ya? Trus nanti hubungan beda agama dong? -pembaca-yang-ribet-yah-

Hanya ada selipan-selipan seperti aku keluar kamar selepas subuh. Hal-hal kecil seperti itu. Tak dijelaskan apakah dia sholat subuh dulu? Orizuka sepertinya tak ingin membuat cerita dengan unsur religi sama sekali. Namun saya perhatikan, ia masih menjaga agar novelnya tak menjadi 'liar'. Seperti pada saat Audy harus tinggal bersama dengan empat cowok. Dalam islam mungkin itu semacam what.the.hell banget lah. Tapi orizuka memperhalusnya dengan membuat Audy tinggal di paviliun belakang (tidak jadi serumah).

Saya pribadi sangat menyukai cara menulis orizuka yang ringan dan lucu. Saya pikir, jika ia membuat novel religi dengan gaya seperti itu,pastilah novel religi akan digandrungi oleh para remaja. Saya sedang mencoba membuat yang seperti itu. Mudah-mudahan bisa yaaaa aminnn 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^