Sabtu, 05 April 2014

Anosmia


Sebenernya udah berbulan2 yg lalu pengen nulis ini di blog. Tapi gak kesampean mulu.

Anosmia. Apa itu? Anosmia adalah suatu keadaan di mana indra penciuman tidak berfungsi. Seperti keadaan ketika kita sedang flu. Bau di sekitar seperti menghilang. Itulah yg saya rasakan. Gejalanya saya rasakan semenjak ngelahirin Bian. Sekitar 6 bulan yg lalu.

Yg saya alami kadang bersin2 lalu ingusan. Atau bahkan ketika hidung saya gak mampet pun, saya tetap tidak bisa mencium bau. Awal2nya saya hanya mengalami sesekali. Namun begitu waktu berlalu, keadaan sampai bertambah parah. Yang tadinya sakitnya cuma sesekali, berubah menjadi sembuhnya yang sesekali.

Puncaknya pas kemaren-kemaren, sampe berhari-hari hidung saya gak berfungsi. Bahkan ada bau bangke tikus di kamar pun saya gak tau(suami yg bilang ada bau bangke). Saya jadi takut, ntar klo saya nginjek tokai kucing, saya gak sadar dong? Atau kalo ada kecoak, saya gak tau dong (kan kecoak ada baunya) saya pun menganggap ini penyakit mulai serius.apalagi ini agak menggangu selera makan saya. Indra penciuman terganggu, saya pun jd tidak bisa merasakan makanan. Klo ada ikan sama ayam dan saya tutup mata, saya gak akan bisa ngebedain rasanya. Rasa yg masih terasa hanyalah rasa dasar seperti asin, manis, pahit, asam, sementara rasa makanan itu sendiri tidak terasa. Saya pun ke dokter dengan suami.

Dokter tht bilang, mungkin saya alergi. Sampe di rumah, saya pun nyuruh suami buat bersihin kipas angin yg entah brp bulan gak di bersihin (pantesan) . Dan gak lupa jg saya minum obat flu+ alergi yg dikasih dokter. Alhamdulillahh seminggu setelahnya, penciuman saya membaik :) dan saya bisa makan enak lg hehe.

1 komentar:

  1. syukur deh udah sembuh, apa ngga ada rencana mau perpanjang anosmia lagi? :v
    aku pernah baca penciuman tu berpengaruh pada rasa, kalo makan sambil nutup hidung rasa makanan jadi berkurang drastis,

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^