Sabtu, 11 Januari 2014

bahas buku BOYS WILL BE BOYS

Buku ini sebenernya udah lama banget belinya. Tapi pas kemaren-kemaren baca lagi ternyata saya nemu beberapa hal. Iya, saya ini tipe orang yang sering ngulang-ngulang baca buku, makanya saya gak suka ngeloakin buku, siapa tau suatu hari mau saya baca lagi, hehe.

Buku ini terbitan bukune. Saya kira yang namanya penerbit mayor pastilah tidak akan melakukan kesalahan penulisan, eh ternyata saya nemu juga hal itu di buku ini. Dan sedihnya lagi, di buku ini tuh ada banyak kesalahan penulisan, mungkin hampir 10 kesalahan. salah satunya ini :
kata 'dikombinasyikan'
apa itu dikombinasyikan? kalau lihat tulisan ini, saya jadi bisa menebak bahwa editornya merubah kata asik menjadi asyik menggunakan ctrl+f lalu replace all. sayangnya kata 'asik' juga bisa nyempil di kata 'dikombinASIKan' sehingga kata asik dalam kata ini juga ikut berubah menjadi 'asyik'. Pertanyaannya, editor setaraf penerbit bukune mengapa mengedit buku seperti itu? harusnya kan periksa kata satu persatu, alias di baca  dari awal sampai akhir. Saya saja, penulis yang gak terkenal ini, berhati-hati sekali dalam mengedit buku saya, dibaca ulang lagi dari awal sampai akhir, bahkan setelah dapat buku proofreader, saya baca ulang lagi bukunya untuk mencari kesalahan yang masih terlewatkan.

saya baca di keterangan buku, padahal ada editor dan proofreader . lalu itu mereka berdua kerjanya apa? kok sampe salahnya banyak begitu? entahlah, mungkin karena buku2 yang perlu mereka edit pun tidak sedikit, jadi wajarlah satu buku ini menjadi korbannya.

Saya sih berharap gak nemu lagi buku yang banyak salah-salah katanya. Selain gak enak di baca, juga mengganggu konsentrasi membaca,soalnya kalau udah nemu satu kesalahan, berikutnya malah jadi nyari2 kesalahan berikutnya :-|

4 komentar:

  1. editornya males tinggal main copy paste aja

    BalasHapus
  2. editor nya dikejer2 deadline.
    jadi kurang fokus kayaknya buk.

    BalasHapus
  3. yeahh..
    kudu baca dulu nih buku..

    BalasHapus
  4. ini buku temen gue ni bo,isinya jaman gue sma hahaha komeng

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^