Blog Archive

Sabtu, 11 Januari 2014

bahas buku BOYS WILL BE BOYS

Buku ini sebenernya udah lama banget belinya. Tapi pas kemaren-kemaren baca lagi ternyata saya nemu beberapa hal. Iya, saya ini tipe orang yang sering ngulang-ngulang baca buku, makanya saya gak suka ngeloakin buku, siapa tau suatu hari mau saya baca lagi, hehe.

Buku ini terbitan bukune. Saya kira yang namanya penerbit mayor pastilah tidak akan melakukan kesalahan penulisan, eh ternyata saya nemu juga hal itu di buku ini. Dan sedihnya lagi, di buku ini tuh ada banyak kesalahan penulisan, mungkin hampir 10 kesalahan. salah satunya ini :
kata 'dikombinasyikan'
apa itu dikombinasyikan? kalau lihat tulisan ini, saya jadi bisa menebak bahwa editornya merubah kata asik menjadi asyik menggunakan ctrl+f lalu replace all. sayangnya kata 'asik' juga bisa nyempil di kata 'dikombinASIKan' sehingga kata asik dalam kata ini juga ikut berubah menjadi 'asyik'. Pertanyaannya, editor setaraf penerbit bukune mengapa mengedit buku seperti itu? harusnya kan periksa kata satu persatu, alias di baca  dari awal sampai akhir. Saya saja, penulis yang gak terkenal ini, berhati-hati sekali dalam mengedit buku saya, dibaca ulang lagi dari awal sampai akhir, bahkan setelah dapat buku proofreader, saya baca ulang lagi bukunya untuk mencari kesalahan yang masih terlewatkan.

saya baca di keterangan buku, padahal ada editor dan proofreader . lalu itu mereka berdua kerjanya apa? kok sampe salahnya banyak begitu? entahlah, mungkin karena buku2 yang perlu mereka edit pun tidak sedikit, jadi wajarlah satu buku ini menjadi korbannya.

Saya sih berharap gak nemu lagi buku yang banyak salah-salah katanya. Selain gak enak di baca, juga mengganggu konsentrasi membaca,soalnya kalau udah nemu satu kesalahan, berikutnya malah jadi nyari2 kesalahan berikutnya :-|

Jumat, 10 Januari 2014

Quarter-Life Crisis

Barusan baca postingan di nyunyu.com tentang Quarter life Crisis,, yahh mungkin artinya semacam kegalauan di umur 20-an.

entah kenapa pas baca artikel itu bikin saya inget lagi apa yang udah saya alamin waktu tahun 2012. Persis banget kayak gitu. Galau.



Dulu saya pernah posting juga tentang ini. Saya waktu 2012 itu keadaannya kayak gini nih, kerja di tempat yang jauh dari rumah, tinggalnya di rumah dines yang sekamarnya 1 orang, gak punya temen deket, di kantor juga temenannya ama laptop.

keadaan kayak gini yang kemudian membawa saya kedalam keadaan quarter-life crisis. Entah karena keadaan atau memang sudah saatnya mengalami kegalauan macam itu? saya rasa sih pengaruh keadaan &lingkungan kali ya. soalnya kalo suasana have fun dan banyak temen kayaknya bakal hepi2 aja.

waktu tahun 2012 itu memang saya rasa adalah situasi paling galau seumur hidup deh. Karena banyak menghabiskan waktu di depan laptop daripada ngobrol sama manusia, saya pun sering curhat di microsoft word. sampe banyak banget filenya. yang kalo saya buka lagi, isinya galau semua, kayak "Gue sebenernya mau jadii apaaaaaaaaa" gitu doang isinya satu file. trus ada juga curhat panjang lebar tentang minat dan bakat saya sebetulnya apa? dan sampe2 saat itu saya sering banget ikut2 tes IQ, EQ, MIR di internet buat cari tau saya orang yang bersifat gimana dan minatnya apa. aneh banget emang. semacam fase dimana saya menjadi bingung dengan diri sendiri.

di twitter juga banyak orang-orang yang suka banget pamer-pamer kegalauan, tapi sori men, saya gak mau ikutan. maka dari itu, waktu itu orang-orang gak tau kalo saya lagi galau tingkat dewa, soalnya gak suka ngumbar-ngumbar. lagian buat apa sih ngumbar-ngumbar di socmed? gak menghasilkan solusi dan cuma bikin orang jadi kepo, hahah

dan lalu saya pun menemukan obatnya. yaitu Nikah. wkwkwkwk. mungkin orang lain punya obat laen, tapi buat saya, nikah mengobati segalanya. Asli deh, saya pas udah nikah, apalagi udah punya anak, kaga ada waktu buat galau, bengong dan meratapi diri. Yang ada, kalo ada waktu luang pasti makan, nyuci, masak. ngeblog doang aja susah banget ini, apalagi buat sekedar galau. pikiran juga lebih mengarah ke depan dan gak mengingat2 masa lalu. lebih memikirkan nanti mau punya rumah di mana? ngatur penghasilan gimana? apa ya yang bisa dilakuin sambil ngurus anak? pokoknya pikirannya lebih kearah pengembangan diri.

buat yang sedang merasakan quarter-life crisis, selamat menikmati aja deh soalnya nanti-nanti gak ada waktu buat galau lagi, hihihi :D


Kamis, 09 Januari 2014

bahas buku CEO KOPLAK

Buku CEO KOPLAK ini waktu itu dibeli sama suami saya. Saya yang terima pas di rumah cuma seneng-seneng aja dapet bacaan baru getoh, hahah lumayan.

CEO KOPLAK

Pas beberapa menit baca, oh ternyata ini semacam buku personal litelature ya? jadi penulisnya, @edi_akhiles dalam buku itu menceritakan bagaimana dia membangun sebuah perusahaan penerbitan yang sekarang mulai terkenal dan eksis, DIVApress. Gimana dia menjalani jabatannya sebagai CEO secara 'koplak'. Salah satunya seperti menerima karyawan atas dasar kasihan daripada nganggur gak punya pengahsilan dan juga membuat  akun @divapress01 dengan format yang gokil.

Buku dengan format personal litelature semacam buku ini, pastilah menyelipkan pandangan-pandangan pribadi si penulisnya. Saya tertarik dengan beberapa statement penulis dalam buku ini. Salah satunya, bagaimana si penulis begitu sebal dengan Andrea Hirata, pengarang Laskar Pelangi. Karena Andrea Hirata katanya akan mempidanakan siapapun yg mengkritik tulisannya (saya juga baru tau). si penulis pun gak sgan-segan bilang #guebantingbukunyakecomberan! haha.

dan satu lagi pandangan si penulis yang menarik perhatian saya adalah, si pnulis begitu membenci para penerbit indie, bahkan menuliskan bahwa penerbit indie itu  'pebisnis sialan' yang memanfaatkan semangat para penulis pemula. Penulis pemula yang merasa mengirim ke penerbit mayor adalah suatu cara yang susah, kemudian penerbit indie datang bak malaikat yg menawarkan jasa berbayar.

Menerbitkan tulisan itu sejatinya tidak mengeluarkan biaya. Namun penerbit indie membuatnya menjadi berbayar. bahkan katanya, penulis indie itu membuat orang 'merasa' pintar membuat buku.

hmm. Saya sebutulnya agak tersinggung juga, karena saya merupakan salah satu penulis yang memakai jasa penerbit indie. Sebenernya memang betul semua kata2nya di buku itu. Saya yang memakai jasa penerbit indie Nulisbuku.com, sebetulnya memakai layanan yang mereka sebut 'gratis', walaupun kenyataannya saya juga harus  mengeluarkan uang karena penulis diwajibkan untuk membeli bukunya sendiri yang katanya untuk proofreader. sejatinya tak ada kata gratis untuk penerbit indie. ya namanya juga penerbit yang bermodal sedikit, kalau bermodal banyak ya langsung saja bikin penerbit mayor haha :D

eh tapi saya sebenernya pengen kritik sedikit tentang buku CEO KOPLAK ini. Walau di terbitkan oleh penerbit mayor, ternyata masih ada kesalahan penulisan yang saya dapat, seperti kata saya dan gue yang sempet tercampur. Juga bagian komiknya yang terasa agak kaku menurut saya,hehe.

haha apaan sih postingan ini, editor bukan, tapi sok-sok menilai sebuah buku :p








Rabu, 08 Januari 2014

SEMARAK JANUARI

baru beberapa hari di januari, berkah terus-terusan datang satu persatu. Alhamdulillah.

Awal Januari, tepatnya tanggal 2 januari, sepupunya Bian lahir ke dunia. Anak dari kakak saya yang diberi nama Takara Dzikra Putri Baehaqi. Perjuangan banget ngelahirinnya, kakak saya sampe harus mules-mules di klinik selama 2 hari.

kakak sepupunya Bian :D
Dan lalu menyusul dengan terbitnya buku saya yang kedua. Waktu itu ikut lomba cerpen ini kayaknya udah dari bulan November, dan ternyata terpilih dan  bukunya pun terbit :D berisi cerpen-cerpen kisah nyata penjual dan pembeli online shop. Seru-seru dan pastinya memberi inspirasi. Dilengkapi tips-tips jualan online juga :)


Buku kedua
selang beberapa hari eh tiba-tiba dapet pengumuman lagi kalau buku saya yang ketiga juga terbit :D hahah . temanya tentang romantika cinta remaja. yaiyasih saya udah gak remaja lagi, saya cuma berusaha mengingat-ingat masa- masa sekolah dulu :p dan ternyata cerpen saya lolos dan dibukukan :D


Buku Ketiga

berikutnya tinggal menunggu buku selanjutnya yang insyaallah juga bakal terbit januari ini :D

coming soon
selain buku di atas, masih ada dua buku lagi yang bakal terbit. Memang sih, semuanya kumpulan cerpen alias cerpen saya cuman numpang nyelip doang :D tapi lumayan lah yahh hahahah :p

gak nyangka ya, tiba-tiba buku saya langsung terbit satu-persatu. Padahal dulu, menerbitkan buku itu kayak mimpi. Ternyata banyak yang mewadahi tulis menulis di internet, cuma sayanya aja yang baru tau. hahah dari mane aje ye.

Sejauh ini buku solo saya baru satu. Buku Bidan Galau yang penuh kontroversi itu,,wkwkkwk (lebai). Ada sih rencana bikin novel fiksi, tapi masih coba-coba. Ya kalau gak dicoba-coba kapan bisanya, iya gak? hehe. Emang sih saat ini saya baru bisa bikin cerpen-cerpen aja. Tapi lagi berusaha bikin cerita yang panjang. Doain aja yah. Saya lagi menikmati dunia kepenulisan ini, sukur-sukur bisa jadi profesi beneran :P

Selasa, 07 Januari 2014

Mencoba Melupakan SIIQEBO.COM

Waktu buka e-mail, masih ada ada pemberitahuan untuk pembaruan situs saya yang lama, siiqebo.com.

Sebenernya masih bisa saya perbarui situsnya, alias dibayar. Tapi entah kenapa udah pengen ngelupain aja (ceilah). Iya, kayaknya tuh nama situsnya udah gak cocok lagi sama saya. Dulu sih masih kocak aja gitu namanya siiqebo. Tapi kan sekarang saya udah emak-emak, masa masih pake nama siiqebo? jgn2 ntar si Bian dibilang anak kebo, gimane tuh? ksian pan. Jadinya saya memutuskan untuk melupakan situs siiqebo.com.

Jadi inget dulu, temen saya si Vatih , waktu saya bilang bahwa saya beli domain dengan nama siiqebo, dia langsung ngomel-ngomel. Apaan noh namanya siiqebo? cari yang bagus kenape? gitu katanye dulu. Ternyata baru terasa sekarang. hhaha

Iya, jadi ceritanya saya ingin menghilangkan image siiqebo ini dari saya. Bisa gak ya?hahah pengen ganti image jadi emak-emak kece *pose*

eh iya, ngomong-ngomong, saya baru sadar, ternyata jumlah postingan saya terus menurun yah di tahun 2013. beda banget sama tahun 2012. maklum, 2012 merupakan saat-saat galau dan kesepian merantau ke kota orang, eheheh. dan 2013 adalah masa-masa menikmati dunia nyata bersama suami. gada waktu buat ngeblog,ehhehhe :p

Tapi sekarang pengen aktif lagi ngeblog  dan blog walking ahh. mudah-mudahan gak sok sibuk yaa :D haha

MEROKOK MEMBUNUHMU!



Lagi heboh akhir-akhir ini, peringatan di iklan rokok bukan lagi “merokok menyebabkan kanker, gangguan pada janin dll” tapi diganti menjadi ‘’MEROKOK MEMBUNUHMU”. Ngaruh gak sih? Semua orang juga tau, jawabannya adalah : KAGAK NGARUH!

Makin terlihat bahwa negara kita ini negara bodoh yang menjual sesuatu yang bisa membunuh! aneh banget! di iklanin di tivi pula! ampun deh indonesia..ckckckck



Orang-orang yang merokok itu sebetulnya udah tau banget apa kerugian merokok. Bahkan mereka tau rokok itu gak ada manfaatnya. Dan mereka pun jelas tau merokok itu bisa membunuh mereka.

Menurut saya, merokok itu adalah pilihan hidup (caelah, apaan lagi ni). Iya, seorang perokok gak akan jadi perokok terus jika tidak dibiasakan. Mereka memilih untuk merokok, merokok dan merokok terus sehingga merokok menjadi bagian dari hidup mereka. Yang tanpa mereka sadari, perlahan rokok menjadi lebih penting dari segalanya. Mereka tak peduli lagi pada orang-orang disekelilingnya. Tak peduli lagi pada asap rokok yang mereka hembuskan akan mengganggu istri mereka sendiri, anak-anak mereka sendiri dan orang-orang terkasih mereka sendiri.  Untuk apa peduli, bahkan untuk kesehatan mereka sendiri pun, mereka tak peduli.

Para perokok pura-pura tidak tahu betapa orang-orang disekeliling mereka sangat mengkhawatirkan mereka. Sang istri yang khawatir melihat suami yang merokok terus menerus, sang anak yang tak tega melihat bapaknya sering kali terbatuk-batuk karena selalu merokok. Mereka tidak tau, begitu banyak yang mengkhawatirkan mereka. Tapi mereka, tidak peduli. Rokok terus sampai mampus.Bagi saya, merokok itu adalah suatu pembunuhan terencana untuk diri sendiri. Begitu konyol dan bodoh.

Perokok selalu mengelak jika penyakit-penyakit yang mereka rasakan adalah akibat merokok. Terserahlah, nikmati saja itu semua. Sampai berbusa mulut kami mengingatkan pun tak akan ada pengaruhnya.

Semua perokok bisa berhenti merokok jika MEREKA MAU. Gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Orang miskin bisa jadi kaya raya. Orang gak punya kaki bisa menang lomba lari olimpiade. Masa’ orang perokok gak bisa berhenti merokok? Emang gak mau ya? Yaudahlah terserah. Toh situ sendiri yang merasakan bokeknya mengkonsumsi rokok, bau mulut yang gak karuan, batuk berdahak di tengah malam, dan insomnia berkepanjangan. Selamat menikmati!

--- maaf bila postingan ini menyinggung perasaan anda, memang sengaja!---

Jumat, 03 Januari 2014

Lets talk about DANGDUT

Saya jijik sama dangdut. Jijik kalo liat penynyi dangdut di tivi lagi joget-joget. Kalo gak inget tivi itu mahal, mungkin bakal saya ludahin. Saya jijik sama dangdut.

Katanya dangdut itu musik asli Indonesia. Trus saya harus bangga gitu? bangga sama penyanyi dangdut yang cuma modal goyang-goyang seksi? ngapain amat, saya lebih seksi (*gumoh).

kenalan saya yang pernah tinggal di Amerika bilang, bahwa orang Amerika itu bangga banget sama musik country mereka. bahkan kalau kita nanya apakah mereka suka lagu country, itu sama aja kayak menghina kebangsaan mereka. 

remember him?
  
masih ingat dikala Meggy Z masih tenar? mana ada cerita penyanyi dangdut itu seksi? lu liat tuh mukanya almarhum, seksi darimane? dan gak ada cerita beliau joget2 panas di atas panggung.

Tapi coba lihat sekarang. Penyanyi dangdut pasti ada jogetnya semua. Pasti seksi dan pasti cewek. Coba sebutin nama penyanyi dangdut cowok? pasti jawabnya saipul jamil. Yoi, doi jadi satu-satunya penyanyi dangdut cowok yg masih bertahan. Soalnya jaman sekarang, penyanyi dangdut kalo gak cantik dan seksi ya gak bakal laku.

Trus lagi, paling jijik liat penyanyi dangdut lomba-lombaan cari sensasi di tivi. Waktu kasus si Vicky kontroversi hati itu, penynyi dangdut berlomba-lomba muncul ngaku-ngaku sebagai mantan pacarnya. Penting banget gak sih? segitu miskinnya ya? sampai mengais rejeki dari sensasi-sensasi gak penting kayak gitu? belom lagi yang pake segala nyebar-nyebarin foto panas dan video ganti baju. Yang lebih kesian lagi yang pake segala jadi istri kesekian pejabat biar dapet duit banyak. Segitu hinakah dirimu wahai penyanyi dangdut?

saya lagi sebel dan eneg banget sama penyanyi dangdut! orangtua mereka diwawancarai di tivi malah kayak bangga, padahal emaknya pake jilbab. emak jilbaban tapi anak joget2 seksi di tivi. harusnya malu! dasar kampung! *padahal saya tinggal dikampung juga, waks*

Sebel banget sama dangdut. trus sebel juga sama acara YKS *tiba-tiba YKS* ngapain sih ampe 2 kali sehari? lu kata mandi , 2 kali sehari?. bioskop transtivi jam 9 malem malah di ilangin! kacau dah. aneh banget liat ibu-ibu yang suka ikut YKS malem-malem. Itu suami ama anak sape yang ngurusin? jangan-jangan sekeluarga ikut YKS? halah.

udah ah, ini postingan apaa deh, haha

Rabu, 01 Januari 2014

PeDe

saya orangnya pemalu. oke, ini fitnah.

tapi serius deh, akhir-akhir ini saya jadi pemalu banget. apalagi mengenai buku saya #Nah

Jadi ceritanya kan beberapa waktu yang lalu buku saya terbit tuh yah. ada kok di postingan-postingan sebelumnya. Judulnya Bidan Galau.

i
buku galau
Waktu penggarapan penyelesaian buku ini, saya tuh semangat banget deh. Ngedit sampe ber-jam-jam. Apalagi waktu terima kiriman bukunya. Pas dipegang rasanya tuh gimana banget gitu kan. Buku saya sendiri! ahay!. Liat-liatin covernya, bahkan saya baca ulang lagi bukunya. Pokoknya hari itu girang banget.

Dan keanehan pun terjadi. Suami saya yang kebetulan memang belum pernah membaca isinya, langsung penasaran dong pengen baca. Tapi kok saya malah mendadak merasa suami saya gak usah baca deh, isinya gak penting banget kok, kata saya gitu. kakak saya pun saya teriakin pas megang-megang buku saya .. waaaa jangan dibaca!

aneh banget emang.

Suami saya ampe bilang, itu buku diterbitin kan buat dibaca kan? ya iya juga sih, tapi.... ah memang saya orang yang galau.

Sebetulnya sih isinya cuma cerita-cerita tentang pengalaman saya waktu kuliah bidan. Memang sih buku ini buku humor. Tapi gak tau ya, yang baca bakal  merasa ini buku humor atau garing kriuk-kriuk. Maka dari itulah saya mendadak gak pede. Merasa was-was, kalo gak lucu gimana? kalo ngebosenin gimana? kalo pada nyesel beli gimana? kira-kira itulah yang saya galaukan.

saya mempromosikan buku ini lewat akun twitter @Bidan_Galau . Saya membuat akun terkesan misterius agar orang-orang gak tau bahwa itu adalah akun saya dan itu adalah buku hasil karangan seorang Hesty Arnize! saya gak ingin orang-orang tau mengenai saya dan nantinya bakal berkata 'oh ini nih pengarang buku aneh itu ya??' hahah

saya sedikit ragu untuk mempromosikan lewat FB. Malu!. Tapi karena dibujuk oleh seorang teman, akhirnya saya promoin juga di FB. Dan berhasil menjebak teman-teman saya sendiri untuk membeli buku saya,,wkwwkwk

pembeli buku saya yang paling jauh ada di kalimantan. Salah satu followers @Bidan_Galau. Salut juga, karena ongkos kirimnya yang sampe 23,000. paahal harga bukunya 37.500! tapi dia tetep beli *kirim kisbai* dan alhamdulillah wa syukurillah dia bilang agar saya bikin part 2-nya! buset, itu satu buku aje bikinnya ampe koprol-koprol. haha. Tapi saya ngerasa sedikit pede dengan komen seperti itu. Membuktikan bahwa buku saya gak jelek-jelek amat, cuma jelek aja.

Puluhan buku udah kejual dan sampai di tangan para pembeli. Yang kasih testimoni masih sedikit sih, tapi saya menunggu dengan sabar. Menyiapkan mental jikalau ada yang bilang 'Buku apaan nih? jelek banget, pantesnya jadi bungkus gorengan ajah!' haha *jangan sampe dah

kemaren sempet liat facebook seseorang. dia seorang penulis juga, nerbitin beberapa buku. Tapi kok dia pede banget ya promosiin bukunya. Kata-katanya gini, 'ayo pesan buku kumpulan cerpenku, yang minat komen aja' kira-kira begitu. kata-kata yang simpel dan wajar banget buat promosiin buku sendiri kan? tapi saya gak berani banget bikin kata-kata kayak gitu di FB. Waktu itu saya cuma sekali doang promosiin buku Bidan Galau di FB. Kaga pake kata-kata promo gitu. Cuma foto buku Bidan Galau trus ditambahin kata-kata, 'Buku apaan nih? Aneh banget.. wkwkwk ' . Gitu. kaga niat jualan banget kan? hha

Gitu deh kalo nulis buku yang isinya aneh, jadi gak pede sendiri, wkwkwk :p

Biarin deh. Akhir kata, kalo ada yang mau pesen bukunya, silahkan e-mail ke admin@nulisbuku.com atau mention ke twitter @Bidan_Galau . hahah :D