Jumat, 30 Agustus 2013

Bisnis dengan modal kecil

Ingin berbagi saja. selama ini saya sering nyari2 di gugel perihal bisnis apa ya yang cuma butuh modal kecil? atau bahkan mungkin yang tanpa modal?

modal di sini maksudnya adalah modal berupa materi atau uang. menurut saya modal untuk berbisnis itu ada 2 yaitu modal uang dan modal tenaga. kalaupun ada bisnis yang dikatakan 'tanpa modal' pasti sebetulnya pake 'modal tenaga' juga. contohnya sales. salesgak pake modal uang, cuma pake modal tenaga dalam bentuk 'bicara dan mengajak' kliennya untuk membeli produk.

oke, berikut beberapa bisnis dengan modal kecil. tentunya juga mrupakan usaha kecil-kecilan.

Gorengan

jaman sekarang gorengan tambah mahal. bisa mencapai 2500 per buahnya. tapi tergantung belinya dimana . yang 2500 per buah itu saya temukan di lingkungan rumah sakit. mungkin kalau di lingkungan sekolahan masih ada yang jual 1500/2 buah. tapi kalo nyari yang harganya gopek per buah kayaknya udah gak ada. di kampung daerah rumah saya aja harganya udah 1000 per buah. sebetulnya modal bikin gorengan itu modalnya gak seberapa. waktu itu saya nyoba bikin risoles sendiri. bahannya cuma telor 2, terigu 200gr, sama bihun instan sebungkus. dapet risol 10 buah, gede2 lagi. modalnya gak nyampe 10rb (gas sama minyak gak beli,pake yg ada,hehe).

temennya temennya temen saya (halah), dengan jual risoles aja untungnya bisa 3 juta per bulan. mantap kan. setiap hari risolesnya di titip di berbagai warung, pas sore hari, dia tinggal ambil uangnya aja.

temen bidan saya dulu juga ada yang jual gorengan. otak2 goreng. otak2nya dibungkus pake kulit pangsit. cukup unik soalnya saya jarang nemu yang kayak gitu. setiap dines di puskesmas doi selalu bawa dagangannya dan selalu habis. bikin otak2 juga gampang, tinggal carilah di gugel.

Donat

saya jadi inget, waktu kerja di subang dulu, tepatnya di pesantren, anak2 di sana suka jualan donat kentang. masakanya kebetulan di rumah dinas saya. saya perhatiin ternyata bikin donat begitu doang (emang). gampang dan bahan-bahannya murah. tinggal di kreasikan aja biar menarik. dikasih meises atau gula bubuk.

dulu waktu SMA ada temen saya yang jualan donat. laris banget. dia titip dagangannya ke semua kelas. pas jam istirahat donatnya abis semua. sampe ada yang nyariin dia buat nyari tau apakah donatnya masi ada yang nyisa.

udah ah itu aja, capek nulisnya haha (niat gak si bikin postinmgan -_-). pokoknya jualan yang seputar makanan-makanan kecil gitu pasti modalnya murah meriah. kuncinya sih, kita harus tau target pasarnya siapa. dan menurut saya, bikin dagangan dengan jumlah sedikit kayaknya lebih bagus. selain cepet habis, bisa juga buat bikin penasaran orang untuk menunggunya lagi di esok hari :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^