Selasa, 20 November 2012

gak kreatif....

Pertama kali saya menggambar dengan ‘sedikit baik’ waktu kelas 3 SD. Saat saya pertama kali mengenal komik. Waktu itu gambar pertama saya adalah Sailormoon. Dengan gambar seadanya, muka Sailormoon sukses saya bikin miring-miring cacat. Walau begitu, itu adalah langkah pertama yang sangat penting, yang begitu mempunyai pengaruh dalam kemampuan menggambar saya.

Menggambar selalu dikaitkan dengan istilah ‘kreatif’. Seringkali ketika saya menggambar, orang yang liat biasanya bilang ‘wah,kamu kreatif!’. Dan sejak saat itu, saya melihat diri saya sebagai orang yang ‘kreatif’.

Oke, mari saya perkenalkan 2 orang teman saya. mereka bernama Icha dan Icha. Saya juga gak tau kenapa mereka bisa punya panggilan yang sama. Selain itu mereka juga sama-sama suka menggambar dan sama-sama suka music metal.

Icha yang pertama nama aslinya Lisa. Saya kenal sama Icha yang ini waktu SMP, tapi jadi akrab ketika SMA. Icha jadi temen sebangku saya waktu kelas 1 SMA. Sumpeh deh, ketika saya hidup sebangku sama Icha ini, anggapan saya bahwa saya adalah orang yang ‘KREATIF’ tiba-tiba luntur. Icha ternyata juga bisa gambar. Tapi gambar2nya Icha ini menurut saya mengandung tingkat imajinasi yang oke punya. Yang membuat saya jadi minder akan gambar-gambar saya yang standart. Icha sekarang lebih banyak bikin karya berupa karya digital yang kalo mau liat klik dimari. Design-design yang doi bikin menurut saya selalu out of the baskom alias selalu wow lah istilah sekarangnya. Saya selalu suka karya-karya Icha. Dan menurut saya karya doi selalu lebih bagus dari karya2 saya. Ketika lulus SMA, Icha lanjut ke kuliah Farmasi dan saya ke kuliah Kebidanan. Ini kayak duo Seniman yang salah jurusan memang. Sambil kuliah Icha juga terima orderan design kaos distro. Walau salah jurusan, doi tetep ngejalanin hobi. Icha sekarang masih kuliah, an mari kita doakan Icha cepet lulus :D

Icha kedua adalah temen kuliah saya. Yep. Temen di kuliah kebidanan. Nama aslinya Khairunnisa. Dan Icha ini juga jago gambar. Bedanya Icha yang ini kurang eksis didunia digital atau dunia maya. Karya-karya dia berupa gambar di atas kertas. Saya kagum sama gambar-gambarnya Icha yang menurut saya oke punya. Pernah waktu itu saya terpilih untuk lomba poster dan kebetulan se-tim sama Icha. Ternyata Icha punya berbagai ‘alat perang’ buat gambar. Dari pensil warna, crayon sampe cat pastel batangan yang saya lupa nama pastinya apa . Waw, ternyata hobinya Icha menggambar bukan main-main. Icha waktu itu bercita-cita kalo lulus kebidanan dia mau nerusin kuliah di IKJ jurusan seni murni, impian dia selama ini. Dan sekarang memang keinginan Icha terwujud dan doi jadi mahasiswi di sana. Mari doakan juga Icha yang ini lancar kuliahnya :D

Jadi, apa hubungannya sama judul postingan kali ini?. Saya Cuma mau curhat, terkadang, saya pribadi minder dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan lebih dari saya. ini manusiawi banget. Tapi entah kenapa kalo menyangkut masalah gambar menggambar dan design-mendesign, ini bisa bikin saya merasa down banget. Sampe merasa bahwa saya ternyata gak se-kreatif yang saya kira. Atau bahkan saya merasa saya ini sebenernya gak kreatif.





Entah kenapa bisa sampe segitu downnya. Saya suka banget liat karya-karya orang lain yang bagus-bagus dan keren-keren. Harusnya itu jadi inspirasi saya untuk membuat sesuatu yang bagus juga, tapi terkadang malah jadi minder sendiri.

Minder ini terkadang berdampak pada kegiatan saya. saya jadi males untuk menggambar atau membuat design2 di photoshop. Merasa bahwa karya saya gak akan sebagus mereka-mereka yang saya kagumi.

Dan memang demikian. Karya saya gak akan seperti karya-karya orang yang saya kagumi. Bukan berarti tidak lebih bagus. Hanya saja, karya saya dan karya mereka adalah hal yang berbeda. Karya seperti gambar dan design asalnya adalah dari imajinasi. Imajinasi saya dan orang lain pasti berbeda.

Saya sering ngeliat gambar-gambar orang di deviantART. Saya kalo upload gambar di deviantART pasti selalu gambar saya yang bagus, gambar yang menurut saya jelek, gak akan saya aplot. Tapi banyak juga ternyata orang-orang yang mengaplot gambar tanpa memikirkan hal-hal kayak gitu. banyak gambar yang saya temukan hanya berupa gambar wajah yang kurang proporsional. Seperti gambar wajah laki-laki yang mukanya rada miring-miring, idung juga miring. Tapi si pengaplot gambar sangat pede dengan gambarnya itu. sampe di kolom description dia menuliskan bahwa ini adalah gambar seorang tokoh yang dia bikin, bahkan dia kasih nama dan karakter. Dan dari situ saya tahu, bahwa dia menggambar dengan niat dan bukan asal gambar.

Menurut saya karya gambar atau design, gak ada yang jelek. Semua menurut saya bagus (Selama karya itu gak mengandung pornografi dan hal negative,). Bahkan walau berupa coret-coretan pun bisa disebut karya yang bagus. Karena semua itu berasal dari imajinasi. Dan kita gak boleh menghina bahwa karya seseorang itu jelek. Itu Cuma akan membuat orang sedih dan sakit hati.

Ini sebenernya saya mau menulis ke arah mana ya .___. Saya gak ngerti mengakhirinya gimana .__. Hmm sebetulnya saya hanya ingin curhat bahwa saya sedang dalam keadaan merasa tidak kreatif. Itu aja.

2 komentar:

  1. mmm... ngerasa down krn ada yg lbh bagus dr karya kita??
    jgn ampe salah lho,, hampir beda tipis ma iri hati lho...
    *naudzubillah*
    cantik, indah, keren, bagus,,, itu kan cuma nilai2 relatif yg berbeda pd tiap org,,,
    sama kya kamu liat gambar2nya icha...
    pdhal klo dimata aku broww... aku lbh suka gaya design en gambar2 kamu lho drpd gambar icha...
    *brusan habis ngintip gambar2 icha*
    so... think confident, be confident.. *sok inggris* :p
    力があるから、頑張れ!!!

    BalasHapus
  2. aku juga suka karya bohe..
    makanya bantu sketsa-in foto temenku ya buat jadi kado..
    hehehe..
    ayo bo kembangin kreativitas..

    :D

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^