Minggu, 07 Oktober 2012

[tutorial] MEMBUAT SKETSA WAJAH


eh gak tau juga ya ini layak disebut tutorial apa bukan yaa ._. soalnya menurut saya membuat sketsa itu gak perlu teknik-teknik khusus. masing-masing orang punya gaya sendiri sendiri. ada yang memulai dengan menggambar garis bantu, ada juga yang langsung gambar tanpa garis bantu.

hmm oke, di sini saya akan nyeritain gimana langkah-langkah saya dalam membuat sketsa. emang sih, sketsa saya masih belum terlalu realistis, maklum, jarang latihan, heheh.

oke, yang saya butuhkan dalam menggambar adalah buku sketchbook. bukunya harus memang khusus untuk membuat sketch, biasanya banyak di gramed. kalo bukan buku khusus buat sketch, biasanya kertasnya kurang tebel dan kalo ngapus gambar, kertasnya suka brudul.

yang kedua, yaitu pensil. saya gak terlalu mengkhususkan harus pake pensil 2B, 3B ato apalah. saya biasanya pake pensil yang ada. pensil HB pun oke aja. tapi yang penting buat saya, dari awal menggambar sampe selesai, pensilnya sama, alias gak gonta-ganti pensil. tapi emang sih, biar gambar lebih bagus ya gonta ganti pensil sesuai kehitaman yang di perlukan. tapi bagi saya itu ribet, hehe :D

oke, mari kita langsung mengintip bagaimana saya membuat sketch. kali ini saya mau bikin sketsa mukanya Andrej Pejic. siapakah dia? doi adalah model dari barat sono. model laki-laki yang punya wajah cantik kayak perempuan .__. entah kenapa saya suka sama wajahnya :D


Bang Andrej

oke, mari kita mulai menggambar. masing-masing orang berbeda dalam memulai. ada yang memulai dengan membuat garis bantu dulu, ada yang bikin bibir dulu atau bentuk wajah dan rambut dulu. macem-macemlah. kalo saya pribadi, saya memulai dengan mengambar mata. ga tau kenapa, udah kebiasaan. saya memulai dengan menggambar mata kiri. bukan, ini bukan konspirasi, saya bukan illuminati .__.v haha.


di mulai dengan mata kiri. bikin mata,lalu bikin alisnya. kemudian dilanjutkan dengan bikin idungnya lalu bikin mata kanan.


setelah bikin idung dan mata. diliat-liat lagi apakah bentuk mata sudah proporsional. seimbang antara kiri dan kanan. apakah panjang idung udah bener, kepanjangan atau kependekan. setelah itu lanjut gambar bibir.


gambar bibir juga disesuaikan. panjangnya kira-kira segimana. abis bikin bibir, mulai mengira-ngira bentuk wajah, apakah bulat lonjong atau mungkin kotak (jikalau situ ngegambar spongebob). serta membuat batasan antara rambut dan wajah.


membuat bentuk wajah menurut saya lumayan susah. terkadang kalo salah sedikit, bisa mempengaruhi keseluruhan gambar. lalu berikutnya jangan lupa untuk membuat efek shading alias bayangan cahaya. awal-awal membuat sketsa saya jarang bikin shading. tapi lama-lama saya merasa bikin shading ternyata sangat mempengaruhi ke-realistisan gambar. dan bikin shading ini bener-bener pake kiro-kiro logi deh, alias pake feeling-feeling gimana gitu *maksut lu bo??*


shading ato semacam arsiran biasanya dibuat dengan cara mengosok kertas atau tissue. tapi kalo saya pribadi cukup pake jari tangan .__. lebih praktis hehe. dan kebetulan tangan saya itu gampang keringetan. jadi kalo ngarsirnya mau agak kumel, ngarsirnya pake keringet, wkwkwkwk *zumveh,ini aib* .__.v


setelah shading-shading dengan keringet tadi, dilanjut dengan mulai membuat rambut. membuat rambut itu bagian yang paling susah menurut saya. karena membuat rambut terlihat realistis setiap lembarannya itu sangat menguras waktu dan tenaga bok! setelah membuat rambut, sebetulnya pekerjaan kita udah mendekati selesai. tinggal touch up di berbagai tempat.


menambah shading yang dirasa masih kurang. membuat rambut lebih banyak. dan.... voila!!!
gambar pun jadi... :D



bilang mirip dong plissssss!!!! wkwkwk XD

yak begitulah tutorial siiqebo kali ini. saya yakin sama sekali gak membantu anda dalam menggambar .__.v hahay

bagaimanapun, menggambar adalah kemampuan yang di dapat dengan latihan terus menerus. doakan agar gambar saya juga bisa lebih bagus kedepannya. mari menggambar!!! :D


17 komentar:

  1. wuih keren banget yaa bisa bikin sketsa yaa :D

    Hasil nya bagus, mau juga dong di sketsa :D

    BalasHapus
  2. waauu baguuuss
    90% dah mirip kok...

    BalasHapus
  3. Niar : wheheh makasi :D mau banget di sketsa?? mau banget apa mau aja nih eheheh :p


    Insan : ahahahay makasii :D

    BalasHapus
  4. komen lagi ah...

    pengen bisa nggambar!!!!!!!!!!!

    :D

    BalasHapus
  5. Mohamad Rivai : ayo berlatih gambar bangg... :D ajarin??? pengen banget diajarin??? eheheh :lol:

    BalasHapus
  6. Mau dong mbak digambarin, fufufu...
    Si Rivai boong tu mbak, dia jago gambar :P

    BalasHapus
  7. Una : wkwkkwk bang rivai tukang boong -_____-"

    BalasHapus
  8. kerennnn.... mirip...
    aku mau di sketsa lagi donggg boo :D
    oiaaa, temen2 blogernya siiqebo, header blog ane kan gambar sketsanya dibikinin doiii... *mau dibikinin lagiii* :D

    BalasHapus
  9. kerennn..jago gambar ya....mirip itu

    BalasHapus
  10. wiiiiihhhhh... mirip gambar n fotonya..... kapan2 gambar muka saya yah?

    BalasHapus
  11. Kadip : ahahahayy yampun jd inget waktu bikin sketsa kadip itu dipaksa2 wkwkwk :lol:


    Danni : horee mirip horee :lol:


    1412 : duile,pengen banget digambar?? gambar gak yaaaa :lol:

    BalasHapus
  12. jago ngelukis gitu..kenapa ga jadi pelawak aja ?

    BalasHapus
  13. wah mukaku dong di sketsa kayak gitu... keren euy

    BalasHapus
  14. taripnya bikin sketsa berapa Rp nih?

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^