Kamis, 11 Agustus 2011

MASAK MASAK EGEN

Saya dan beberapa teman saya, ncop, cumay dan naqi akhir-akhir ini lagi getol banget belajar masak loh, maklum, kan kita calon ibu rumah tangga getho. Waktu itu kita pernah bikin siomay ama empek-empek. Hasilnya lumayan enak. Biasanya tempat tongkrongan kita rumahnya ncop, soalnya rumahnya sepi, jadinya asik buat di acak2, eheheh.

[caption id="attachment_333" align="aligncenter" width="300" caption="saya, ncop, cumay"]saya, ncop, cumay[/caption]

Hari minggu kemaren kita janjian mo nongkrong di rumah ncop, berhubung udah lama gak ketemu gitu loh. Jadilah janjian kerumah ncop sore. Saya sms cumay, tapi gak dibales2. Belakangan baru ketauan ternyata dia masi bobo. Kalo naqi,lagi sibuk dirumahnya bikin bakso. Di angkot menuju rumah ncop, saya pun smsan ama ncop, ncop ngajakin masak-masak lagi tapi blom tau mau masak apa (hadeh). Saya mah ayok2 aja. akhirnya saya pun di jemput ncop di depan jalan menuju rumahnya. Sambil boncengan kita ngobrolin apa yang mao dimasak. Saya gak tau, ncop pun gak tau. Akhirnya saya inget masakan yang gampang, spaghetti ! Soalnya kmaren-kmaren saya sempet bikin dirumah, walopun kaga da yang mao makan. Akhirnya diputuskan kita mao bikin spaghetti ! Ncop pun mengarah ke indomart. Di indomart kita beli spaghetti La F*nte sama saos juga. Trus sama beli nutrijell coklat juga. Abis itu kita caw menuju rumah ncop. Tapi dijalan si ncop inget mau beli sayur buat sahur katanya. Yaudah akhirnya kita ngider2 lagi (bener2 ngider soalnya ncop lupa tempat beli sayurnya, gubrak). Akhirnya pas ketemu tempat beli sayur, kita pun masuk ke warung sayurnya. Tapi tiba-tiba ncop tertegun saat melihat tumpukkan singkong. Ada apa ncop? Jangan-jangan ncop punya masa lalu yang kelam dengan singkong. Ternyata bukan. Si ncop tiba-tiba bilang punya ide, gimana kalo kita bikin combro ajah !! nah loh. Saya pun bilang kalo saya ga tau caranya, namun ncop bilang pernah bikin katanya. Saya meragukan apakah si ncop beneran pernah bikin combro, atau Cuma ngeliatin orang bikin combro? Entahlah, saya ho oh ajah.

Lalu setelah menyakinkan diri, saya dan ncop pun beli singkong ama oncom. Setelah di iming2i oleh mbak penjaga warung bahwa bikin combro itu singkongnyaa musti 2kilo, kitapun beli singkong 2kilo. Dengan harga goceng! Setelah beli singkong si ncop pun lanjut nanya2 soal bikin combro (tuh kan). Abis itu kita milih-milih oncomnya. Kita sempet jijay juga liat oncomya, kayak sampah busuk. Setelah milih2 oncom yang agak bagusan, akhirnya kita beli 3 oncom dengan harga 2 rebu perak. Abis itu langsung cabut kerumah ncop. Dan kita gak beli sayur.

Di rumah ncop, sambil nungguin cumay dateng, kita pun mulai beraksi. Ncop masak oncom, saya ngupas singkong. Abis ngupas singkong, kita pun nyari parutan buat marut singkongnya. Pas nyari2 ternyata ncop punya parutan, tapi kayaknya udah luaaamaa banget kaga dipake, papan kayunya udah item, pas singkongnya di parut, singkongnya ikutan jadi item (nah loh). Eh si cumay akhirnya dateng. Sambil mikirin tu singkong di parut pake apa, saya mulai masak spaghetti. Lalu diputuskanlah singkongnya di blender ajah. Yowis, akhirnya ncop merelakan blendernya buat uji coba ngeblender singkong. Walau bunyi blendernya ngiung2 tapi ternyata singkongnya bisa di blender. Yes! Tapi ada masalah lagi, singkongnya jadi kelewat halus bok, jadi agak susah bikin adonannya. Lalu singkong berikutnya kita blender sebentar aja biar gak terlalu halus. Singkongnya jadi, oncomnya siap. Kita pun mulai bikin combro. Ternyata di rumah ncop lagi ada adeknya si sev ama sepupunya umar ama hammad baru dateng, lumayan buat uji coba masakan kita, hahah.

[caption id="attachment_335" align="aligncenter" width="225" caption="spaghetti"]spaghetti[/caption]

Spaghetti udah jadi, saya pun lanjut bikin nutrijell. Combro pun dalam proses penggorengan. Stelah 3 oncom digoreng, si ncop yang lagi ga puasa pun nyobain, eh ternyatooo singkongnya lupa kita kasih garem! Kata ncop combronya hambar. Karena tuh combro udah pada di bulet2in, kita pun ngasih garem dengan cara di tabur2in ajah, hahah. Okeh semuanya siap tepat waktu, sebelum maghrib. Alhamdulillah pas maghrib, akhirnya sayapun nyicip tuh combro. Enak!. Pas ngasi combro ke sev dkk eh kita dikasi es buah,, asik dah. Trus saya dan cumay pun makan spaghetti. Nah terus kita pada sholat. Pas abis sholat kita pun kembali ke meja makan, and you know what? Spaghetti udeh ludes ama si sev, umar ama hammad. Buset, kayaknya tadi masi buanyak banget dah itu. Saya dan cumay pun cuman bisa menyesali kenapa tadi Cuma makan spaghetti sepiring doang, uhuhuh. Tapi gapapa, berarti spaghetti kita laku. Akhirnya kita pun nerusin makanin combro yang masi sisa banyak. Kalo dijumlah, semua combro yang kita bikin kurang lebih ada 20 biji. Dengan harga singkong 5rebu dan oncom 2rebu, bisa dapet oncom 20 biji. Kalo kita jualin 1 combro gope, lumayan bisa dapet 10rebu. Kalo dijual 1500 dua, bisa dapet untung dua kali lipat. Belom lagi kalo singkongnya nanem sendiri (keinget puun singkong dirumah) trus oncomya busukin sendiri, wah untung banyak tuh. Saya yang lagi bingung ama kerjaan tiba2 jadi terinspirasi buat usaha combro. Tapi… kalo saya bilang ama emak saya mau jadi tukang combro, mungkin saya yang bakal dijadiin combro sama beliau.

[caption id="attachment_334" align="aligncenter" width="225" caption="combro"]combro[/caption]

2 komentar:

  1. nyahahaha..
    dan keesokan harinya saya bikin spagetti sendiri gara2 masih ngidam tapi diabisin si sev, umar ama hammad..
    '__'

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^