Sabtu, 15 Januari 2011

orang melahirkan, kayak apa??

sep, 25 2010

Orang melahirkan itu kayak apa sih? Belum pernah lihat?
Kalo menurut gw, orang yang lagi melahirkan itu adalah penampakan yang sangat ga bagus.
Ngengkang, gigi gemeretuk sambil ngeden, mata melotot, muka merah, belom lagi tereak2nya. Kurang serem apa coba?.

Banyak hal yang unik pas peristiwa penting ini terjadi. Ada yang pas ngelahirin suaminya digigitin. Ada yang suaminya pingsan. Ada yang pas ngelahirin matanya melotot sampe bidannya takut. Ada yang tereak2 kayak teriakin maling. Pokoknya menurut pengalaman gw, yg namanya melahirkan itu unik, setiap orang pasti beda2, ga ada yang sama.

Pernah waktu itu gw praktek di puskesmas. Datenglah ibu mau melahirkan, keliatan kalo orangnya judes. Pas dia lagi tiduran mules2, gw sama temen gw inisiatip buat ngasih minum. Alamak, tu ibu bukannya minum malah cuci muka alias tu aer tumpah di mukanya. Eaaa.. gw panik dan minta maap. Kebayang dong tu ibu lagi mules2 hebat,eh malah ditumpahin minuman. Ngamuklah si ibu. Tapi untung Cuma bentar, soalnya dia lebih konsen ke mulesnya.

Pernah lagi kejadian gw salah kaprah. Waktu itu yang nolongin lahiran bidan senior, gw yang bantuin. Pas bayinya udah lahir, bidan senior nyuruh ambil alat oksigen buat si bayi soalnya bayinya agak susah nangis. Ehh gw dengan sigap masang alat oksigen malah ke ibunya. Haha buat apaan coba.

Menurut penelitian gw (halah), saat saat si ibu sangat kesakitan adalah, saat proses penjahitan robekan jalan lahir. Pasti deh setiap lagi dijahit, ibu2 pada tereak, meski ada beberapa juga yang anteng2 aja sih. Pernah juga waktu itu gw diceritain temen ada pasien yang pas dijait malah telpon2an. jeee Jagoan neon.

Sering banget si ibu melahirkan bilang gini
“duh kok gini sih bu bidan, dulu anak pertama gak gini deh”. Itulah banyak orang yang salah persepsi, mengira semua proses kelahiran anak mereka adalah sama. Padahal setiap anak punya proses melahirkan yang beda2, entah dari ngidamnya beda, mules pas ngelahirin beda, lama brojolnya juga beda, ga bisa disamain. Setiap anak itu unik. Menurut pengalaman gw, Biasanya anak kedua lebih susah dari anak pertama. Soalnya lebih banyak ibu yang mengeluh saat melahirkan anak kedua, yaaa itu, mengeluh kok anak kedua ga selancar anak pertama.

Kalo anak ketiga dan seterusnya ga usah di omongin, udah lancar bebas hambatan. Biasanya kalo anak ketiga dan seterusnya, waktu mules2 lebih sebentar alias mules2 dikit langsung kepengen brojol. Mungkin juga karna si ibu sudah pengalaman, jadi lebih rileks dan santai. bener lho, rileks itu sangat berpengaruh dalam persalinan. Kalo ibunya panik, bisa menghambat proses persalinan itu sendiri, makanya ibu hamil musti dibekali pengetahuan tentang persalinan biar pas mau brojol ga panik2 amat. Termasuk para suami juga, biar pas mendampingi bisa menenangkan istri, bukannya malah ikutan panik trus pingsan,,, jiahhh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^