Sabtu, 15 Januari 2011

GAYA MENULIS

Gaya menulis

Gak ada niatan apa-apa bikin postingan ini. Cuma iseng. Cuma ingin mengomentari gaya penulisan orang-orang yang selama ini blognya saya baca. Termasuk juga mau mengoreksi gaya menulis saya pribadi.

Kebanyakan orang kalau punya blog, Pasti ada ciri khasnya, entah apa itu. Ketika kita sudah terbiasa membaca postingan orang itu, pasti kita jadi terbiasa dengan gaya menulisnya atau gaya ‘bicaranya’ dalam menulis. Bahkan mungkin jika kita diberi artikel dia yang tanpa nama penulis, pasti kita langsung bisa menebak bahwa itu tulisan dia. Karena setiap tulisan pasti mengandung karakter-karakter si penulis. Hehe ribet ya bahasanya.

Ada blog teman saya, yang setiap tulisannya adalah puisi, atau kalau menurut saya adalah tulisan dengan bahasa-bahasa berat –maklum, saya ga bisa nulis puisi- hehe. Mungkin memang keahliannya dalam merangkai kata-kata menjadi indah dan enak dibaca, walau kurang di mengerti (oleh saya pribadi). Atau teman saya yang satu lagi yang hampir tiap postingan membahas politik atau hal-hal yang perlu pemikiran kritis, entah membicarakan seputar Indonesia atau peekonomian yang saya sendiri cenat cenut otaknya kalau baca postingan begitu, hehe. Mungkin memang teman saya itu suka dengan hal-hal kritis seperti itu, orang pinter kali yak. Ada lagi teman saya yang semua isi blognya bikin gigi kering karena ketawa. Mungkin memang keahliannya merangkai kata-kata jadi lucu dan menggelikan.

Pokoknya dalam satu blog pasti setiap postingannya hampir-hampir mirip gaya penulisannya. Pasti ada ciri khasnya. Bisa juga ciri khas dari kata-kata yang digunakan. Biasanya sih semua postingan pasti sama cara memangil dirinya sendiri. Ada yang semua postingan dengan bahasa gue atau saya atau daku atau aku.

Kalau saya pribadi, kalau ada yang baca postingan-postingan saya, mungkin jadi agak bingung. Soalnya saya suka pake macam-macam panggilan diri. Kalau lagi cerita tentang pengalaman-pengalaman pribadi, biasanya pakai ‘gue’. Kalau lagi bahas yang agak berat, pake ‘saya’ atau ‘aku’. Gak konsisten? Emang! Saya juga suka bingung. Kalau semua postingan saya, saya ganti menjadi ‘saya’ pasti banyak yang gak cocok. Atau jika semua ‘saya’ saya ganti jadi ‘gue’ juga terkadang gak cocok dan gak sopan. Pokoknya tergantung mood saat itu. Apakah lagi pengen pakai kata ‘gue’ atau ‘saya’ atau ‘aku’. Isi postingan pun random, terkadang konyol, terkadang serius, terkadang juga gak penting, kayak postingan ini, ahahay. Setiap blog menggambarkan karakter si empunya blog. Seperti blog saya ini yang mengambarkan saya yang begitu labil, ahahahahh xD

*tutup leptop*

*meluk guling*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^