Sabtu, 15 Januari 2011

BOHONG ITU PENYAKIT

aug, 24 2010


Pernah gak sih seumur hidup lu melakukan yg namanya BERBOHONG??? Pasti pernah deh. Walaupun mungkin lu meng-klaim diri lu sebagai orang jujur, tp pernah lah sekali2 lu ngeboong. Yaa kayak kebohongan kecil, misal lu ijin sama guru ke kamar mandi pengen pipis eh nyatanya lu pup.

Yang pengen gw bahas di sini adalah kebohongan yg lain. Bukan kebohongan kecil kayak contoh di atas, tp kebohongan besar yg sulit di nalar (jehhh apaan lg noh?)

Banyak alasan orang untuk boong, entah kepepet, atau terpaksa, atau mungkin pengen cari sensasi. Mungkin boong ini menjadi suatu hal yg menguntungkan, jikalau tidak ketahuan tentunya. Tapi… lain cerita kalo boong ini akhirnya ketahuan, wahhhh selain bisa berabe, juga bisa mengakibatkan hal yang sangat tidak enak yaitu: malu!!!. Bayangin aja kalo misalnya lu boong sama temen lu kalo lu punya rumah gedongan segede gambreng, begitu ketahuan ternyata rumah lu gubuk derita, wahhh selain bisa kehilangan pamor, lu juga bisa menderita malu berkepanjangan, kecuali kalo lu emang kga tau malu.

Pernah ga sih lu ketemu tukang boong??? Bukan tukang boong yg biasa, tp tukang boong yang akut, yang ngeboongnya gak kira2. Ada beberapa orang yang gw temuin mengidap boong akut ini.

Dulu pernah pas SD lagi jaman2nya telenovela cinta paulina lg booming, gw kena di boongin abis2an sama temen gw.

Pagi2 dia baru dateng keliatannya panik abis, gw tanyain trus dia bilang ga kenapa kenapa. Begitu waktu istirahat gw tanyain lagi tuh, eh dia mulai ngomong serius “tapi lo jangan bilang siapa2 ya!” sambil menatap tajam kearah mata gw. Gw langsung dag dig dug berasa mau di kasih tau suatu rahasia besar TOPSECRET abizzz.

“tau gak sih lho, smalem pas gw lagi mau tidur, lemari gw tiba2 ada suara grudak gruduk!”

“oh ya?? Knapa tuh” kata gw penasaran

“tau gak lo, pas gw buka…”

“ada apaan?” gw mulai penasaran

“ada JIN!!!”

“HAH???” teriak gw gak percaya

“dan lo tau gak dia bilang apa? Dia bilang gw boleh minta 3 permintaan!!!”

“HAH???” hah gw kali ini lebih kedengeran kayak org bingung. Terang aja gw bingung. Gw mulai mikir ada keanehan dengan cerita ini. Mungkin dia gak tau kalo gw udah pernah denger cerita aladin lampu wasiat.

“terus tau gak si lo, gw minta ketemu sama pemeran cinta paulina! Trus paulinanya langsung dateng tiba2!! Trus gw dikasih baju gambar paulina dan bla bla bla” selanjutnya gw udah ga konsen lagi dengerin cerintanya. Rasanya gw pengen langsung lompat dari lantai dua sekolaan, tp ga jd karena gw baru inget kalo gw belom kawin. Selama ini gw kenal temen gw itu orangnya normal2 aja deh, knapa tiba2 jd begitu ya, itulah yang jd pertanyaan gw sampe sekarang.

Pernah lagi waktu SMA gw juga punya temen kayak gitu. Orangnya asik banget kalo diajak ngobrol, tp di tengah asiknya ngobrol dia suka nyelip2in kebohongan-kebohongan gak penting yang unbelievable.

“Tau ga sih lho, “ katanya di tengah obrolan

“pas ulang taon gw yang kesekian, gw di kasih hadiah yang surprise abizzz!”

“apaan tuh?”

“gw di kasih tiket ke jerman buat ketemu sama Michael schumacher!!!!”

“HAH???”

“iya!! Trus gw ketemu sama dia, trus naik mobil dia kliling2 jerman! Gw di kasih bajunya juga lho,boleh deh lo liat kalo lo kerumah gue!!!”

Nah kan,,,, abis itu gw bingung dah mau ngomong apaan. Pengen juga gw ngebales gini

“oh ya??? Gw juga pas ulang taon di kasih tiket ke india buat ketemu sama shahruk khan lho, trus kita joget2deh ngelilingin pohon sagu! Hohoho”

Ah sudahlah, gw kalo udah tau tipe orang begini,gw males deket2, apalagi jadi sahabat, bisa2 otak gw ikutan kebalik kayak dia.

Pernah juga dia ngarang2 cerita tentang alumni gw namanya B. dia cerita kalo si B itu suka sama dia, trus nembak dia gitu. Dia gak tau kalo gw kenal ama si B. langsunglah gw nanya ama si B

“beneran B lu demen ama dia? Katanya lu nembak dia” Tanya gw

“HAH?? Orang kayak @#@$$%#^^%%&& gitu gw sukain??? NAJIS!!!” dan si B pun ngomel2 sendiri karena ternyata berita ini udah cukup meluas.

Aduh, kasihan sekali si B. fitnah memang kejam.

Ada lagi temen SMA gw, gw ketemu sama dia pas udah lulus, pas sekolah dulu gw blom kenal2 amat,soalnya beda kelas, sebut saja namanya A. Pas ketemu A, gw lagi sama temen gw yang normal, si sofi. Si A ini orangnya asik, pas ketemu, kita bertiga cerita macem-macem, dan sampailah kepada cerita perkuliahan. Gw cerita tentang gw yang kuliah di kebidanan. Trus sofi yang cerita kuliah di penerbitan. pas giliran si A cerita, dia bilang dia lagi mau pindah kuliah

“iya, gw mau pindah kuliah ke inggris” katanya. Wew gw ama sofi langsung ber”wow”ria karena bangga juga punya temen yg mo kuliah di inggris.

“wah, di inggris, di mananya??” Tanya kita penasaran

“di Oxford, gw dapet beasiswa di sana” katanya. Wow keren banget, tapi… tunggu dulu. Sepertinya mulai ada keanehan. Dapet beasiswa di Oxford?? Jago banget? Perasaan dulu dia ga pernah muncul jd siswa berprestasi dah pas SMA.

“hah yang bener?” kata kita gak percaya

“ iya, sebenermya sih gw dapet beasiswa dari 20 universitas di luar negeri gitu dehh, trus gw ngambilnya yang di Oxford “ kata dia merendah

Tuh kan, cerita mulai gak logis. Selebihnya gw ama sofi Cuma nyengar nyengir maksa pura2 nanggepin ceritanya, setelah bosan dan takut ketularan gila, kita pun permisi buat ngerjain hal yang lebih bermanfaat daripada dengerin dongeng buat balita ini.

Ada lagi yang baru2 ini terjadi yg bikin gw ikut2an kesel setengah idup. Pasalnya temen gw kena tipu 2 juta gara2 ini orang. Temen gw si C ketipu sama seseorang namanya F. si F ini penampilannya asoy abis. Jilbab lebar berkibar. Muslimah abis.

Emang ye penampilan sama sekali gak menjamin apa pun!.

Singkat cerita si F cerita dia butuh uang untuk bayar jaketlah, bayar ijazahlah, sampe tentang bapaknya yang sakit, sampe koma segala. Jadilah si C dan kawan2 lain minjemin duit. Tapi setelah di telusuri, ternyata bapaknya F baik2 aja sehat wal’afiat. Semua pun jadi bingung ni duit sebenernya kemana. Akhirnya si C dan kawan2 dapet nomer Hp sohib si F. dari sohib si F di dapatlah keterangan bahwa si F ngabisin duitnya untuk beli kosmetik2 ga penting, traktir makan orang2, sampe beli handphone baru. C dan kawan2 pun shock. Ketika di sidang, F masih berkelit dengan cerita yang spektakuler banget boongnya.

“bener kok, itu kemaren yang sakit sebenernya bapak angkat aku” katanya

bapak angkat?? Nah kan, yaudah kita ikutin aja deh ceritanya kemana

“emang bapak angkat kamu tuh siapa? Nemu dimana?” Tanya kita

“jadi gini, bapak angkat aku namanya bapak Y, aku kenal dia pas SMA, dia itu pemulung, aku kasihan sama dia, anaknya itu lho kasian banget,masih kecil (mulai nangis). Trus aku kasih dia modal. Jadilah dia tukang gorengan. Dulu dia tinggal di kolong jembatan. Tp sejak aku bantu, dia skrng udah bisa ngontrak rumah,,huhuhu” berlinanganlah air mata yang entah air mata buaya atau air mata gorilla.

Aje gile… kita bengong. Antara pengen ngakak ama pengen jedotin pala ke tembok. Subhanallah sekali orang ini, di saat dia SMA udah bisa ngasih modal orang berdagang, sangat berhati mulia, sangat sangat dermawati dan menawan hati…ohh ukhtiii.

Yang pasti ni orang pasti kebanyakan nonton sinetron!!sakit jiwa banget!!!!

-----------------------------------------------------

Sebenernya apa ya yang jadi tujuan mereka bohong??? Untuk menaikkan derajat mereka kah?? Tapi hellooooo??? Emang ga ada cerita yang lebih masuk akal apa yakkk??? Orang2 kayak gini emang karena mereka terlalu kreatif atau apa sihh? Ga abis pikir deh gw. Dan orang2 kayak gini bertebaran banyak di sekitar kita.

Sebenernya ini termasuk penyakit kejiwaan lho, berawal dari ketidakpuasan pada apa yang dia punya, dia pun mulai ngarang2 sesuatu yang lebih ‘wah’ untuk cari muka di depan orang. Begitu ketauan boong, mereka menutupi lagi dengan kebohongan lain. Orang2 kayak gini bener2 menyedihkan banget. Mereka hidup dalam dunia khayalan, berkhayal mereka punya uang yang banyak, berkhayal punya muka yang cantik, berkhayal semua orang naksir sama dia.

Mereka orang yg gak bersyukur dan so pasti dosanya segunung karena kebanyakan boong. Naudzubillah deh,, jangan sampe kita kayak mereka.

1 komentar:

  1. hooh, bener, pemboong ntu sarappp :D ngoklah

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti untuk kemajuan blog ini ^-^