Blog Archive

Kamis, 27 Januari 2011

IT'S TIME FOR..... dangdoot!!

okeh,, seumur-umur kayaknya playlist di hape saya selama ini gak pernah tersentuh oleh lagu berbau gendang kulit lembu alias dangdut. palingan hanya seputar lagu the Beatles, rock jadul dan metal. gak pernah sekalipun terlintas di benak untuk bikin playlist lagu dang to the dut. sekalipun kemaren lagu keong racun sama cinta satu malam lagi booming, gak ngaruh dan gak akan deh saya nyimpen tu lagu di hape. walo apgan yang nyanyi juga tetep aja na to the jong...

tapi beberapa malam yang lalu terjadi satu hal yang lain. saat takdir mempertemukan saya dan dangdut(halah). saat itu jam setengah dua pagi. di asrama. saya lagi gak bisa tidur. dengerin lagu-lagu di hape ternyata tetep gak mempan. walau udah setel lagu mendayu-dayu lemah gemulai, tetep belom ngantuk. mungkin karena faktor bosen juga, soalnya lagunya itu-itu aja. akhirnya, setelah baru sadar ternyata henpon saya ada fitur radio (selama ini gak nyadar, asli!) jadilah saya idupin radio. setelah puter chanel sana sini. sempet nyangkut di beberapa stasiun, tapi kalo lagunya udah gak enak ya ganti lagi.

setelah beberapa lama, akhirnya jempol saya kepeleset mencet sebuah stasiun radio yang belakangan saya tau ternyata itu radio mercy FM yang notabene radio bandar dangdut indonesia (ciee ampe apal slogannya >:0)

pertama denger itu lagu dangdut yang lagi muter, jempol saya langsung pengen ngebut cari chanel lain. tapi tiba-tiba saya langsung keingetan sesuatu. saya inget rumah. inget papah yang doyan dangdut. yang sering banget muter lagu dangdut di rumah. yang kayaknya gak nanggepin betapa saya benci sama hal itu. jadi lucu kalo inget, kalo si papa muter lagu dangdut, bisa kedengeran ampe 5 rumah kali. sampe waktu itu ada temen saya nelpon ke rumah, malah jadi ngetawain saya karena lagu dangdutnya ampe kedengeran sama dia, ahaha. terkadang di sekitar rumah saya yang notabene adalah kampung, yakni kampung citaiyeum yang sempet jadi lokasi syuting mendadak dangdut, tak elak lagi bahwa musik dangdut santer di puter di setiap sudut. apalagi kalo ada hajatan, sampe jam 2 pagi pun pasti masi kedengeran tu lagu dangdut.

saya terpaku di lagu dangdut saat itu. tiba-tiba stasiun radio ini membawa saya bernostalgila. kalo dipikir pikir kayaknya lagu dangdut udah saya denger dari waktu kecil. berhubung papah saya dari dulu emang udah dangduts lover, jadilah saya di nina bobokan dengan berbagai kaset dangdut, dari roma irama, elvi presley, ehh elvi sukaesih maksudnya. kuping saya mau gak mau ikutan denger. tapi kalo ikutan suka sih enggak yaa. sori-sori jek deh..

tiba-tiba saya sadar lumayan udah lama gak pulang. denger lagu dangdut di radio ini saya jadi kangen pulang, kangen rumah, kangen papah, kangen kampung citaiyeum. hmm

dan akhirnya,,, malam itu saya pun tertidur dengan lagu dangdut.

hoalah. Aib! >:s

Minggu, 23 Januari 2011

saya? siapa saya?

[caption id="attachment_156" align="alignleft" width="150" caption="me"][/caption]

Saya seorang warga Indonesia asli keturunan Riau dan Medan, jadi gak usah mengira saya bule (jeee pede!). saya dilahirkan di Padang, Sumatra barat. Anak kedua dari dua bersaudara. Masa TK, saya habiskan di padang, SD di Jakarta, SMP sampai sekarang (kuliah) di Depok.

Kegiatan saya sekarang kuliah di kebidanan Harapan Kita dan kursus di LPIA program web design. Lho? gak nyambung ya? Emang. Ya pokoknya gitulah, kalo saya jelasin, bisa jadi forum curhat.

Punya ketertarikkan di bidang per-komik-an, gambar menggambar dan lukis melukis. Pengagum alam dan pecinta binatang.

Saya orangnya simple, gak suka ribet dan ribut. Cinta damai. Suka makan, suka tidur, apalagi pas jam kuliah.haha.
Kenal internet dari SMP waktu muncul HP yang bisa gprs, hobi download game2 gaje yg harganya mahal, satunya 20 rebu,malah sering ketipu,pulsa abis, gamenya ga ada. Haha

Dari situ mulai muncul ketertarikan sama dunia internet. Mulai kagum sama kak google yang tau segalanya. Mulailah era maen Friendster, facebook, myspace, twitter, multiply, blogspot dll dsb dst. Sampai akhirnya pengen punya situs berekstensi .com sendiri.

webblog ini dibuat dengan tujuannya iseng belaka. Hmm ga iseng banget juga sih. Mungkin untuk melatih agar bisa menulis kali ya, dibagi 3 kategori. Kategori pertama curhat, yg isinya penting gak penting. Yang kedua kategori kebidanan, jurusan yang saya ambil sekarang. Yang ketiga web design, hobi yang saya tekuni sekarang. iyak, skian cerita dari sayah. Sekian. Slamat membaca. Wassalam.

asal muasal situs gak jelas inih

hmm… mulai darimana yaaa….

ini situs berbayar saya yang pertama, setelah sebelumnya berkutat di multiply dan blogspot. di mulai dari ketertarikan saya terhadap dunia web design, jadilah saya mulai mempelajari gimana caranya bikin situs sendiri. segala jalan dan rintangan saya tempuh sehingga jadilah situs ini (hueh lebay).

niat saya bikin situs ini apa ya? tema situs saya ini adalah: campur aduk. karena rencananya sih mau gabungin semua isi dari beberapa blog saya, biar gak misah-misah.

saya bagi menjadi 3 kategori, yaitu CURHATAN: berisi tulisan penting gak penting, KEBIDANAN: berisi tentang info kebidanan (yaeyalah, masa info resep masakan!) lalu WEB DESIGN: yang berisi tentang inpoh dan tutorial web design, yahhh walopun saya masi anak kemaren sore di bidang web design ini, tapi saya harap orang-orang yang lebih gaptek dari saya dapat banyak manfaat dari tulisan saya, seperti saya yang dapet banyak ilmu web design dari blog walking juga.

yahh segitulah dari saya. dahh

wassalam

Sabtu, 15 Januari 2011

BABY BLUES (DEPRESI SETELAH MELAHIRKAN)

pernah liat ada Ibu yang baru melahirkan menjadi murung??? tiba-tiba tidak mau menyusui anaknya lagi, bengang-bengong sendiri, bahkan sampai anaknya sendiri pun tak ingin ia sentuh, kerjaannya murung dan kadang menangis. jika ya, waspadalah, jangan jangan si Ibu terkena depresi setelah melahirkan, kalo bahasa kerennya Baby Blues.

apa sih Baby Blues????

coba bayangkan, ketika anda hamil, suami anda, ibu anda, teman anda, dan semua orang bergembira karena kehamilan anda. selama 9 bulan penuh semua perhatian tertuju kepada anda. mau ini mau itu semua dipenuhi. lalu tiba-tiba setelah 9 bulan, sang bayi pun lahir. spontan perhatian yang dulunya tertuju pada anda kini tiba-tiba terpusat pada si kecil. tiba-tiba anda disuguhkan sebuah tanggung jawab besar untuk mengasuh seorang bayi lemah yang sangat bergantung kepada anda. dimana anda harus selalu memperhatikannya, menyusuinya setiap dua jam sekali, tak peduli di tengah malam sekalipun. semua tenaga tiba-tiba hanya habis untuk mengurus si kecil. sang suami cuma cuek bebek pulang pergi kerja tanpa tahu bahwa anda kerepotan. semua orang menganggap anda telah siap menjadi seorang Ibu!.

well, mungkin tak akan jadi masalah jika anda sudah menyiapkan mental anda dari jauh-jauh hari. namun tak jarang sang Ibu kaget karena kerepotan yang dirasakan jauh lebih berat dari yang di perkirakan. kejadian seperti ini tak hanya di jumpai pada Ibu 'baru' , namun sering juga terjadi pada ibu yang telah mempunyai anak sebelumnya. dengan anak yang bertambah banyak, tingkat kerepotan pun semakin tinggi.

di tingkat yang lebih parah bisa jadi sang Ibu tak mau menyusui si bayi, bahkan menyentuhpun tak mau. kebanyakan dikarenakan si Ibu merasa dirinya tidak berhasil menjadi seorang Ibu. si Ibu merasa tak sanggup menjadi seorang Ibu. si ibu merasa ini semua terlalu berat baginya. bahkan untuk melihat si kecil pun tak mampu, karena merasa berdosa karena tak bisa merawatnya dengan baik.

siapa bilang jadi Ibu itu mudah???

perlu banyak persiapan!!!
tak hanya mepersiapkan baju lucu dan pernak pernik untuk si kecil saja, anda pun perlu mempersiapkan mental anda. keputusan anda untuk mempunyai anak harus dibarengi dengan kesiapan anda untuk menjadi seorang Ibu. anak adalah sebuah titipan kecil untuk kita. di mana kita akan merawatnya tak hanya untuk beberapa hari, tapi bertahun-tahun!. sanggupkah anda untuk menjalani itu semua?. sanggupkah anda memikul tanggung jawab besar sebagai seorang Ibu?.

mencegah Baby Blues

ketika sang bayi datang ke dunia, jangan dulu anda merasa bahwa anda akan langsung sanggup merawat si bayi. bila anda tinggal terpisah dari orang tua, mintalah seorang yang lebih berpengalaman, seperti Ibu anda atau kakak anda untuk menemani dalam beberapa hari setelah melahirkan. ini bisa sedikit meringankan beban anda dalam mengurus si kecil. anda bisa mendapat tips-tips yang berguna dalam merawat bayi dari mereka.

marahilah suami anda jika dia tidak mau ikut repot dalam mengurus si kecil. bagaimanapun juga si kecil adalah buah cinta anda dan suami. maka dari itu, ajaklah suami untuk berperan serta mengurus si kecil. ajari suami cara memandikannya, mengganti popoknya dan hal lainnya. agar disaat anda kelelahan, sang suami dapat menggantikan anda. atau anda bisa melakukan itu semua bersama-sama suami. buatlah segala kegiatan dengan si kecil jadi menyenangkan.

jangan ragu untuk mengatakan pada suami anda atau ibu anda jika anda sedang kerepotan. jangan ragu untuk meminta bantuan kepada mereka. jangan merasa malu untuk meminta bantuan untuk mengurus si kecil. percayalah, akan terasa melegakan jika kesulitan anda dapat anda ungkapkan. okeh bu??!!

SUSAH HAMIL

SUSAH HAMIL

“bentar lagi punya anak dong?”
Mungkin itu yang kerap kali terpikirkan oleh kita jika mendengar teman atau kerabat kita akan menikah.

Ya, memang sewajarnya yang terjadi setelah menikah adalah punya anak. Banyak dari kita melihat orang yang baru menikah, setelah satu dua bulan langsung isi alias hamil. Tapi tak sedikit pula pasangan yang telah bertahun menikah belum punya momongan juga. Ada baiknya jika hal ini terjadi, segera konsultasikan ke ahlinya.

Banyak penyebab terjadinya kejadian seperti ini.

Dari pihak pria :
Pada saat terjadi ejakulasi, pria mengeluarkan cairan sperma (mani). Sekitar 60 -100 juta spermatozoa terkandung dalam air mani dan tidak semua sperma ini dalam bentuk normal. Air mani yang normal paling tidak terdiri dari 20 juta sperma per ml, dengan paling sedikit 50% dapat bergerak normal, dan 30% mempunyai bentuk yang normal. Pada air mani biasanya juga terdiri dari sel-sel sperma yang belum matang dan sel darah putih. Jika terlalu banyak sel-sel ini mengindikasikan adanya infeksi pada kelenjar kelamin seperti prostat atau vesika seminalis atau terdapat kekurangan dalam pembentukan sperma.


azoospermia : Bila pada air mani yang diperiksa tidak terdapat sperma (hanya air mani saja)
Oligosperma : terdapat pada konsentrasi rendah
Asthenospermia : Jika sperma yang motilitasnya baik kurang dari 50%
Teratospermia jika :sperma yang mempunyai bentuk normal kurang dari 16%

Sperma yang tidak normal bisa berupa sperma yang tanpa ekor sehingga tidak bisa berenang menuju sel telur, bisa juga sperma yang bentuk kepalanya tidak cukup runcing untuk dapat menembus sel telur. Teratospermia disebut ringan bila sperma yang normal antara 10 % 15 %, dan disebut berat bila sperma yang normal kurang dari 5 %. Biasanya saat berkonsultasi anda diharuskan melakukan tes sperma. agar tau bagaimana keadaan sperma anda.

Dari pihak wanita :
Masa subur adalah masa paling mungkin untuk terjadinya pembuahan. Pada masa ini sel telur ‘mejeng’ untuk menanti dibuahi sang sperma. masa ini dimulai ketika hari ke 12 siklus haid (hari ke 1 adalah hari pertama mendapatkan haid). Tapi sudah berusaha di masa subur pun kok masih belum isi?. Banyak hal yang mungkin menjadi sebabnya.

Mulut rahim retrofleksi atau mengarah ke belakang. Normalnya mulut rahim antefleksi atau mengarah kedepan. Situasi retrofleksi ini menyebabkan sperma yang masuk tidak dapat melanjutkan perjalanan karena terhambat mulut rahim yang mengarah kebelakang.

Rahim rapuh atau kurang kokoh. Ketika pembuahan terjadi, hasil pembuahan akan menempel pada diding rahim. Namun jika dinding rahim ini rapuh, hasil pembuahan tadi tidak akan bisa berkembang dan akan luruh.

Yah mungkin segitu aja yang saya ingat dari kegiatan perkuliahan saya,hehe. Jaman sekarang sudah banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Yang banyak di lakukan diantaranya program bayi tabung (bukan bayi dalam tabung lho ya, emangnya jin). Pokoknya yang terpenting bagi pasangan yang sulit hamil adalah : konsultasi. Tak lupa untuk saling mendukung antar pasangan, jangan jadikan masalah ini sebagai pemicu pertengkaran rumah tangga (halah) apalagi sampe bawa-bawa mertua. Serta tentunya tak lupa untuk selalu berdoa. :)

ABORSI, HARUSKAH?

berikut adalah bahan diskusi dalam mata kuliah etika. yakni tentang aborsi


Kasus :
Seorang perempuan yang menderita retardasi mental, usia 18 tahun, hamil karena diperkosa. Orang tuanya meminta agar kandungannya digugurkan, karena ia tidak bisa hidup mandiri.

Kasus diatas merupakan contoh kasus kehamilan yang tak dinginkan yang dari 175 juta kehamilan yang terjadi di dunia terdapat sekitar 75 juta perempuan yang mengalami kehamilan tak diinginkan. Banyak hal yang dapat menjadi faktor utama terjadinya kehamilan yang tak diharapkan oleh perempuan, salah satunya yaitu karena pemerkosaan. Ketika seorang perempuan mengalami kehamilan yang tak diinginkan (KTD), maka jalan keluar yang sering ditempuh adalah melakukan upaya aborsi atau menggugurkan kandungan, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

Keputusan untuk menggugurkan kandungan bukanlah suatu pilihan yang mudah. Banyak perempuan harus berperang melawan perasaan dan kepercayaan dirinya mengenai nilai hidup seorang calon manusia yang dikandungnya, begitu pula perasaan keluarga dar perempuan tersebut, sebelum akhirnya mereka mengambil keputusan. Terlebih lagi hal ini menimpa seorang perempuan retardasi mental.

Kami akan mencoba membahas contoh kasus ini dengan mengaitkan beberapa komponen di dalamnya yaitu: etika, moral, nilai, dan norma. Di bawah ini merupakan pembahasan contoh kasus dengan masing-masing aspek yang terkait.

a. Etika
Sebelum membahas kasus diatas, terlebih dahulu kami kupas pengertian dari istilah yang temukan oleh Aristoteles ini yaitu, adat, akhlak, sikap, perasaan, dan cara berpikir, kebiasaan-kebiasaan atau tingkah laku manusia. Dalam pengertian lain disebutkan, Etik merupakan suatu pertimbangan yang sistematis tentang perilaku benar atau salah, kebajikan atau kejahatan yang berhubungan dengan perilaku. Etika merupakan aplikasi atau penerapan teori tentang filosofi moral kedalam situasi nyata dan berfokus pada prinsip-prinsip dan konsep yang membimbing manusia berpikir dan bertindak dalam kehidupannya yang dilandasi oleh nilai-nilai yang dianutnya. Banyak pihak yang menggunakan istilah etik untuk mengambarkan etika suatu profesi dalam hubungannya dengan kode etik profesional seperti Kode Etik PPNI atau IBI.

Bidan memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan asuhan yang berkualitas berdasarkan standar perilaku yang etis dalam praktek asuhan profesional. Pengetahuan tentang perilaku etis dimulai dari pendidikan bidan, dan berlanjut pada diskusi formal maupun informal dengan sejawat atau teman. Perilaku yang etis mencapai puncaknya bila bidan mencoba dan mencontoh perilaku pengambilan keputusan yang etis untuk membantu memecahkan masalah etika. Dalam hal ini, bidan seringkali menggunakan dua pendekatan: yaitu pendekatan berdasarkan prinsip dan pendekatan berdasarkan asuhan kebidanan.

Pendekatan berdasarkan prinsip, sering dilakukan dalam bio etika untuk menawarkan bimbingan untuk tindakan khusus. Beauchamp Childress (1994) menyatakan empat pendekatan prinsip dalam etika biomedik antara lain; (1) Sebaiknya mengarah langsung untuk bertindak sebagai penghargaan terhadap kapasitas otonomi setiap orang: (2) Menghindarkan berbuat suatu kesalahan; (3) Bersedia dengan murah hati memberikan sesuatu yang bermanfaat dengan segala konsekuensinya; (4) Keadilan menjelaskan tentang manfaat dan resiko yang dihadapi.

Hubungan bidan dengan klien merupakan pusat pendekatan berdasarkan asuhan, dimana memberikan langsung perhatian khusus pada klien, sebagaimana dilakukan sepanjang kehidupannya sebagai bidan. Perspektif asuhan memberikan arah dengan cara bagaimana bidan dapat membagi waktu untuk dapat duduk bersama dengan klien atau keluarga klien, merupakan suatu kewajaran yang dapat membahagiakan bila diterapkan berdasarkan etika.

Karakteristik perspektif dari asuhan meliputi : (1) Berpusat pada hubungan interpersonal dalam asuhan; (2) Meningkatkan penghormatan dan penghargaan terhadap martabat klien atau pasen sebagai manusia; (3) Mau mendengarkan dan mengolah saran-saran dari orang lain sebagai dasar yang mengarah pada tanggung-jawab profesional; (4) Mengingat kembali arti tanggung-jawab moral yang meliputi kebajikan seperti: kebaikan, kepedulian, empati, perasaan kasih-sayang, dan menerima kenyataan. (Taylor,1993).

Jadi, berdasarkan kode etik bidan Indonesia pada Bab I mengenai kewajiban terhadap klien dan masyarakat, butir 2 yaitu “Setiap bidan dalam menjalankan tugas profesinya menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan yang utuh dan memelihara citra bidan. Maka janin semuda apapun harus dipertahankan.

b. moral
Moral hampir sama dengan etika, biasanya merujuk pada standar personal tentang benar atau salah. Hal ini sangat penting untuk mengenal antara etika dalam agama, hukum, adat dan praktek profesional

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) kita yang merupakan peninggalan masa kolonialisasi Belanda melarang keras dilakukannya aborsi dengan alasan apapun sebagaimana diatur dalam pasal 283, 299 serta pasal 346 - 349. Bahkan pasal 299 intinya mengancam hukuman pidana penjara maksimal empat tahun kepada siapa saja yang memberi harapan kepada seorang perempuan bahwa kandungannya dapat digugurkan. Padahal, pemerintah Belanda mengeluarkan peraturan tersebut dengan tujuan untuk melindungi perempuan dari kematian karena aborsi yang tidak aman karena saat itu ilmu kedokteran belum berkembang pesat dan kebanyakan perempuan meminta pelayanan kepada tenaga tradisional.

Belum lagi penilaian moral dari masyarakat sekitarnya bila sampai tindakannya ini diketahui. Hanya orang-orang yang mampu berempati yang bisa merasakan betapa perempuan berada dalam posisi yang sulit dan menderita ketika harus memutuskan untuk mengakhiri kehamilannya. Di Indonesia masih menganggap bahwa aborsi adalah salah satu tindakan pembunuhan bayi. Namun berbeda dengan Badan Kesehatan Dunia yang menyebutkan bahwa aborsi merupakan penghentian kehamilan sebelum janin dapat hidup di luar kandungan atau kurang dari 22 minggu (WHO 2000).

Sayangnya tidak semua perempuan di Indonesia tidak dapat melakukan aborsi secara aman dan sehat, karena hukum di Indonesia masih belum berpihak kepada perempuan dengan melarang tindakan ini untuk dilakukan kecuali untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

Akibatnya, banyak tenaga profesional yang tidak bersedia memberikan pelayanan ini; walaupun ada, seringkali diberikan dengan biaya yang sangat tinggi karena besarnya konsekuensi yang harus ditanggung bila diketahui oleh pihak yang berwajib. Isu masalah aborsi sering kali dikaitkan dengan prilaku seks bebas di kalangan remaja. Ternyata banyak penelitian yang membuktikan bahwa dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penelitian mengenai aborsi yang diselenggarakan pada periode 70-an menemukan bahwa ternyata pelayanan aborsi juga dicari oleh perempuan menikah yang tidak menginginkan tambahanan anak tetapi tidak mengunakan alat kontrasepsi atau mengalami kegagalan dalam penggunaan Alat kontrasepsi (Affandi, 1979).

Ada bermacam-macam cara perempuan untuk menghentikan kehamilannya, dari mulai melakukan upaya sendiri hingga meminta bantuan tenaga lain. Minum jamu telat bulan merupakan salah satu upaya sendiri yang umum dilakukan oleh perempuan yang mengalami KTD dan telah dikenal sejak lama. Cara lainnya termasuk mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya yang dipercaya dapat memancing keluarnya janin dari kandungan (seperti nenas muda, bir hitam, dan sebagainya) atau melakukan aktifitas tertentu (misalnya, loncat-loncat). Bila semua upaya ini tidak membuahkan hasil, barulah mereka mencari pertolongan kepada tenaga yang tidak terlatih (misalnya dukun) atau ke tenaga medis terlatih (misalnya dokter ahli kandungan).

Akibat berjenjangnya tahapan perempuan dalam mencari pelayanan, menyebabkan mereka terlambat menerima pelayanan secara aman. Keterlambatan juga sering kali disebabkan oleh tuntutan kelayakan administrasi yang terlampau tinggi dan atau kurangnya pengetahuan klien serta kurang tersedianya fasilitas kesehatan (Sumapraja dkk, 1979). Tidak pernah ada standar biaya pelayanan aborsi, karena memang aborsi tidak pernah diperbolehkan di Indonesia. Dampaknya, besar biaya yang dikenakan kepada klien juga sangat beragam, dan umumnya sangat mahal, karena risiko yang dijatuhkan kepada pemberi pelayanan itu juga sangat besar.

Banyak alasan yang dikemukakan perempuan untuk mendapatkan pelayanan aborsi, diantaranya kontrasepsi yang gagal, hamil di luar nikah, ekonomi, jenis kelamin, kasus perkosaan dan incest, faktor kesehatan ibu atau janin dalam kandungan mengalami kecacatan.

Mengenai alasan aborsi ini memang masih banyak mengundang kontroversi. Bila alasan aborsi karena kondisi kesehatan ibu yang tidak memungkinkan, tidak banyak orang yang memperdebatkan. Bahkan dokter tidak berkeberatan melakukan tindakan ini tanpa harus ketakutan terancam pidana. Nyatanya, sedikit sekali perempuan yang datang mencari pelayanan aborsi dengan alasan kesehatannya atau kondisi bayi dalam kandungannya. Sebagian besar mereka datang dengan alasan psiko-sosial.

Aborsi tidak lagi menjadi suatu tindakan yang membahayakan nyawa perempuan hamil. Teknologi aborsi yang aman dan efektif yang mampu menurunkan kematian dan kesakitan yang berkaitan dengan aborsi sudah tersedia. Aspirasi vakum merupakan teknik pembedahan yang teraman untuk evakuasi rahim pada tiga bulan pertama (Grimes et al.,1977 dikutip dalam Coeytaux dkk 1997:199). Teknik ini sudah digunakan pada sebagian besar tindakan aborsi di negara maju. Persoalan yang dihadapi adalah Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) kita yang merupakan peninggalan masa kolonialisasi Belanda yang melarang keras dilakukannya aborsi dengan alasan apapun sebagaimana diatur dalam pasal 283, 299 serta pasal 346 - 349. Sedangkan dalam UU Kesehatan No.23 tahun 1992 pasal 15 memberikan sedikit peluang untuk melakukan aborsi dengan catatan keadaan yang darurat demi menyelamatkan nyawa ibu atau janin yang dikandungnya. Namun UU Kesehatan ini tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan kondisi yang dikategorikan sebagai keadaan darurat. Jadi, sudah jelas bahwa UU kesehatan ini memberikan penjelasan yang membingungkan tentang tindakan aborsi dan bertentangan pada bagian penjelasannya yang mengatakan bahwa tindakan medis dalam bentuk pengguguran kandungan dengan alasan apapun, dilarang karena bertentangan dengan norma hukum, norma agama, norma kesusilaan, dan norma kesopanan.

Mengacu pada dua hukum di atas, dapat di ambil kesimpulan bahwa peraturan di Indonesia sama sekali tidak memberikan celah ataupun peluang untuk pelayanan aborsi dapat dilakukan. Ditambah lagi dengan sumpah dokter Indonesia yang masih mengikuti sumpah Hiprokrates “akan menghormati makhluk hidup insani sejak pembuahan dimulai.” Kondisi ini ternyata tidak mampu mencegah perempuan untuk mencari pelayanan penghentian kehamilan yang tidak diinginkan. Terlihat dari banyaknya permintaan tindakan ini dilakukan. Status ilegal aborsi ini justru menyebabkan banyak perempuan yang tidak mendapatkan akses pelayanan aborsi yang aman.

c. nilai
Nilai-nilai (values) adalah suatu keyakinan seseorang tentang penghargaan terhadap suatu standar atau pegangan yang mengarah pada sikap/perilaku seseorang. Sistem nilai dalam suatu organisasi adalah rentang nilai-nilai yang dianggap penting dan sering diartikan sebagai perilaku personal.

Individu tidak lahir dengan membawa nilai-nilai (values). Nilai-nilai ini diperoleh dan berkembang melalui informasi, lingkungan keluarga, serta budaya sepanjang perjalanan hidupnya. Mereka belajar dari keseharian dan menentukan tentang nilai-nilai mana yang benar dan mana yang salah. Untuk memahami perbedaan nilai-nilai kehidupan ini sangat tergantung pada situasi dan kondisi dimana mereka tumbuh dan berkembang. Nilai-nilai tersebut diambil dengan berbagai cara antara lain: (1) Model atau contoh, dimana individu belajar tentang nilai-nilai yang baik atau buruk melalui observasi perilaku keluarga, sahabat, teman sejawat dan masyarakat lingkungannya dimana dia bergaul; (2) Moralitas diperoleh dari keluarga, ajaran agama, sekolah, dan institusi tempatnya bekerja dan memberikan ruang dan waktu atau kesempatan kepada individu untuk mempertimbangkan nilai-nilai yang berbeda; (3) Sesuka hati adalah proses dimana adaptasi nilai-nilai ini kurang terarah dan sangat tergantung kepada nilai-nilai yang ada di dalam diri seseorang dan memilih serta mengembangkan sistem nilai-nilai tersebut menurut kemauan mereka sendiri. Hal ini lebih sering disebabkan karena kurangnya pendekatan, atau tidak adanya bimbingan atau pembinaan sehingga dapat menimbulkan kebingungan, dan konflik internal bagi individu tersebut; (4) Penghargaan dan Sanksi; Perlakuan yang biasa diterima seperti: mendapatkan penghargaan bila menunjukkan perilaku yang baik, dan sebaliknya akan mendapat sanksi atau hukuman bila menunjukkan perilaku yang tidak baik; (5) Tanggung jawab untuk memilih; adanya dorongan internal untuk menggali nilai-nilai tertentu dan mempertimbangkan konsekuensinya untuk diadaptasi. Disamping itu, adanya dukungan dan bimbingan dari seseorang yang akan menyempurnakan perkembangan sistem nilai dirinya sendiri.

Semakin disadari nilai-nilai profesional maka semakin timbul nilai-nilai moral yang dilakukan serta selalu konsisten untuk mempertahankannya. Bila dibicarakan dengan sejawat atau pasen dan ternyata tidak sejalan, maka seseorang merasa terjadi sesuatu yang kontradiktif dengan prinsip-prinsip yang dianutnya yaitu; penghargaan terhadap martabat manusia yang tidak terakomodasi dan sangat mungkin kita tidak lagi merasa nyaman. Oleh karena itu, klarifikasi nilai-nilai merupakan suatu proses dimana kita perlu meningkatkan serta konsisten bahwa keputusan yang diambil secara khusus dalam kehidupan ini untuk menghormati martabat manusia. Hal ini merupakan nilai-nilai positif yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dalam masyarakat luas

d.norma
Norma berasal dari bahasa latin yakni norma, yang berarti penyikut atau siku-siku, suatu alat perkakas yang digunakan oleh tukang kayu. Dari sinilah kita dapat mengartikan norma sebagai pedoman, ukuran, aturan atau kebiasaan. Jadi norma ialah sesuatu yang dipakai untuk mengatur sesuatu yang lain atau sebuah ukuran. Dengan norma ini orang dapat menilai kebaikan atau keburukan suatu perbuatan.

Jadi secara terminologi kiat dapat mengambil kesimpulan menjadi dua macam. Norma menunjuk suatu teknik. Kedua, norma menunjukan suatu keharusan. Makna tersebut lebih kepada yang bersifat normatif.

Undang-Undang Kesehatan No. 23 Tahun 1992 pasal 15 seperti sedikit memberikan peluang dengan mengatakan bahwa dalam keadaan darurat sebagai upaya menyelamatkan jiwa ibu dan atau janin yang dikandungnya dapat diambil tindakan medis tertentu. Namun UU Kesehatan juga tidak menjelaskan apa yang dimaksud tindakan medis tertentu dan kondisi bagaimana yang dikategorikan sebagai keadaan darurat. Mungkin saja tindakan medis tertentu dapat diartikan sebagai aborsi, tapi bila memang itu yang dimaksud sesungguhnya aborsi bukan upaya untuk menyelamatkan jiwa janin tetapi justru menggugurkan janin. Selain itu juga, berarti isi pasal 15 ini bertentangan dengan bagian penjelasannya yang mengatakan bahwa tindakan medis dalam bentuk pengguguran kandungan dengan alasan apapun, dilarang karena bertentangan dengan norma hukum, norma agama, norma kesusilaan, dan norma kesopanan.

hernia diafragmatika

masih dari makalah remedial saya, kali ini pembahasan tentang hernia diafragmatika, yaitu organ perut yang masuk ke rongga dada


Hernia Diafragmatika

Pengertian
Hernia Diafragmatika merupakan penonjolan organ perut ke dalam rongga dada melalui suatu lubang pada diafragma.


Etiologi
Salah satu penyebab terjadinya hernia diafragma adalah trauma pada abdomen(perut), baik trauma penetrasi maupun trauma tumpul abdomen., baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mekanisme dari cedera dapat berupa cedera penetrasi langsung pada diafragma atau yang paling sering akibat trauma tumpul abdomen. Pada trauma tumpul abdomen, penyebab paling sering adalah akibat kecelakaan sepeda motor. Hal ini menyebabkan terjadi peningkatan tekanan intra abdominal yang dilanjutkan dengan adanya rupture pada otot-otot diafragma. Pada trauma penetrasi paling sering disebabkan oleh luka tembak senjata api dan luka tusuk senjata tajam. Sekitar 0,8-1,6 % dengan trauma tumpul pada abdomen mengalami rupture pada diafragma. Perbandingan insiden pada laki-laki dan perempuan sebesar 4:1.
hernia diafragmatika

Menurut lokasinya hernia diafragma traumatika 69 % pada sisi kiri, 24 % pada sisi kanan, dan 15 % terjadi bilateral. Hal ini terjadi karena adanya hati di sisi sebelah kanan yang berperan sebagai proteksi dan memperkuat struktur hemidiafragma sisi sebelah kanan. Organ abdomen yang dapat mengalami herniasi antara lain gaster(lambung), omentum, usus halus, kolon, limpa dan hepar(hati). Juga dapat terjadi hernia inkarserata maupun strangulata dari saluran cerna yang mengalami herniasi ke rongga toraks(dada) ini.

Tanda dan Gejala
Tanda dan Gejalanya berupa:
Gangguan pernafasan yang berat
Sianosis (warna kulit kebiruan akibat kekurangan oksigen)
Takipneu (laju pernafasan yang cepat)
Bentuk dinding dada kiri dan kanan tidak sama (asimetris)
Takikardia (denyut jantung yang cepat).

Lambung, usus dan bahkan hati dan limpa menonjol melalui hernia. Jika hernianya besar, biasanya paru-paru pada sisi hernia tidak berkembang secara sempurna.
Setelah lahir, bayi akan menangis dan bernafas sehingga usus segera terisi oleh udara. Terbentuk massa yang mendorong jantung sehingga menekan paru-paru dan terjadilah sindroma gawat pernafasan.

OMFALOKEL

masih dari makalah remedial IKA, kali ini tentang omfalokel, keadaan dimana bayi lahir dengan isi perut berada di luar. serem? emang. simak yuuu.


OMFALOKEL

Pengertian
Omfalokel merupakan kelainan berupa prostusi isi rongga perut ke luar dinding perut sekitar umbilicus, benjolan terbungkus dalam satu kantong. Dalam pengertian lain dikatakan bahwa omfalokel adalah penonjolan dari usus atau isi perut lainnya melalui akar pusar yang hanya dilapisi oleh peritoneum (selaput perut) dan tidak dilapisi oleh kulit.

Epidemiologi
Omfalokel terjadi pada 1 dari 5.000 kelahiran. Kasus ini dapat terlihat dari luar melalui selaput peritoneum yang tipis dan transparan (tembus pandang).

Etiologi
Penyebabnya tidak diketahui. Pada 25-40% bayi yang menderita omfalokel, disertai oleh kelainan bawaan lainnya, seperti kelainan kromosom, hernia diafragmatika dan kelainan jantung. Omfalokel dapat terjadi apabila kedua lipatan ektomesoderm lateral gagal bertemu di garis tengah abdomen antara minggu ketiga sampai keempat. Akibatnya, isi abdomen ditutupi hanya oleh kantong tipis berlapis dua yang terdiri dari amnion dan peritoneum, dan tali pusat berinsersi ke apeks kantung tersebut. Kelainan ini diakibatkan oleh aneuploidi pada 35 -65 % terutama trisomi 13,18, dan 20. Omfalokel dapat terjadi sebagai bagian dari suatu sindrom genetic, misalnya sindrom beckwith-weidemann atau pentalogis Cantrell (callen ,1994). Omfalokel juga disebabkan oleh anomali mayor lain pada 50-70% kasus. Romero dkk.(1988) melaporkan kelainan jantung(45%), anomaly genitauriner (40%), dan cacat tabung syaraf (40 %). Karena itu prognosis ditentukan tidak saja oleh ukuran cacat, tetapi juga etiologi dan kelainan yang menyertai. Ditemukannya omfalokel mengharuskan dilakukannya evaluasi janin yang lengkap, termasuk penentuan kariotipe.

Tanda dan Gejala
Terdapatnya usus dan organ perut lainnya yang menonjol keluar dinding perut di sekitar umbilicus. Lubang yang terbentuk bervariasi, tergantung kepada besarnya lubang di pusar. Jika lubangnya kecil, mungkin hanya usus yang menonjol tetapi jika lubangnya besar, hati juga bisa menonjol melalui lubang tersebut.

Patofisiologi
Pada janin usia 5 – 6 minggu isi abdomen terletak di luar embrio di rongga selom. Pada usia 10 minggu terjadi pengembangan lumen abdomen sehingga usus dari extra peritoneum akan masuk ke rongga perut. Bila proses ini terhambat maka akan terjadi kantong di pangkal umbilikus yang berisi usus, lambung kadang hati. Dindingnya tipis terdiri dari lapisan peritoneum dan lapisan amnion yang keduanya bening sehingga isi kantong tengah tampak dari luar, keadaan ini disebut omfalokel.

Diagnosis
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, dimana isi perut terlihat dari luar melalui selaput peritoneum atau tampak kantong yang berisi usus dengan atau tanpa hati di garis tengah pada bayi yang baru lahir.

Komplikasi
Komplikasi dini merupakan infeksi pada kantong yang mudah terjadi pada permukaan yang telanjang. Kelainan kongenital dinding perut ini mungkin disertai kelainan bawaan lain yang memperburuk prognosis

OMFALOKEL

Penatalaksanaan
Tindakan yang dapat dilakukan ialah dengan melindungi kantong omfalokel dengan cairan anti septik misalnya betadin dan menutupnya dengan kain dakron agar tidak tercemar. Setelah itu segera melaksanakan persiapan untuk merujuk ke Rumah Sakit untuk segera dilakukan pembedahan menutup omfalokel agar tidak terjadi cedera pada usus dan infeksi perut.

ATRESIA ESOPHAGUS

kali ini kita membahas tentang atresia esofagus (kerongkongan buntu/sempit). masih dari makalah ilmu kesehatan anak remedial saya.


ATRESIA ESOPHAGUS

Pengertian

- Esofagus/kerongkongan yang tidak terbentuk secara sempurna, kerongkongan menyempit dan buntu tidak tersambung dengan lambung sebagaimana mestinya.
- Atresia esophagus adalah tidak adanya kesinambungan esophagus secara congenital umumnya disertai fistula trakheo esophageal dan ditandai dengan salvias (pengeluaran air liur) berlebihan, tercekik, muntah bila makan, Cyanosis, dan dyspnea.
- Atresia esofagus merupakan suatu kelainan bawaan pada saluran pencernaan yang diseababkan karena penyumbatan bagian proksimal(atas) esofagus sedangkan bagian distal(bawah) berhubungan dengan trakea.


Beberapa penyebab yang diduga dapat mempengaruhi terjadinya kelainan atresia esofagus :
1. Faktor obat; Salah satu obat yang diketahui dapat menimbulkan kelainan kongenital ialah thalidomine
2. Faktor radiasi; Radiasi pada permulaan kehamilan mungkin dapat menimbulkan kelainan kongenital pada janian yang dapat mengakibatkan mutasi pada gen.
3. Faktor gizi; Penyelidikan menunjukan bahwa frekuensi kelainan congenital pada bayi-bayi yang dilahirkan oleh ibu yang kekurangan makanan


Secara epidemiologi anomaly ini terjadi pada umur kehamilan 3-6 minggu akibat =
1. Diferensiasi usus depan yang tidak sempurna dalam memisahkan diri untuk masing-masing menjadi esophagus dan trekea
2. Perkembangan sel endoteral yang tidak lengkap sehingga menyebabkan terjadinya atresia
3. Perlekatan dinding lateral usus depan yang tidak sempurna sehingga terjadi fistula trekeo esophagus. Faktor genetic tidak berperan dalam patogenesis ini

LABIOSKIZIS / CELAH BIBIR

kali ini kita akan membahas tentang celah bibir atau bibir sumbing. diambil dari tugas makalah ilmu kesehatan anak. sebenernya sih makalah remedial saya, whehehehehe.


Labioskizis/Labiopalatoskizis yaitu kelainan kotak palatine (bagian depan serta samping muka serta langit-langit mulut) tidak menutup dengan sempurna. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya bibir sumbing. faktor tersebut antara lain , yaitu :

1. factor Genetik atau keturunan
Dimana material genetic dalam kromosom yang mempengaruhi/. Dimana dapat terjadi karena adaya adanya mutasi gen ataupun kelainan kromosom. Pada setiap sel yang normal mempunyai 46 kromosom yang terdiri dari 22 pasang kromosom non-sex ( kromosom 1 s/d 22 ) dan 1 pasang kromosom sex ( kromosom X dan Y ) yang menentukan jenis kelamin. Pada penderita bibir sumbing terjadi Trisomi 13 atau Sindroma Patau dimana ada 3 untai kromosom 13 pada setiap sel penderita, sehingga jumlah total kromosom pada tiap selnya adalah 47. Jika terjadi hal seperti ini selain menyebabkan bibir sumbing akan menyebabkan gangguan berat pada perkembangan otak, jantung, dan ginjal. Namun kelainan ini sangat jarang terjadi dengan frekuensi 1 dari 8000-10000 bayi yang lahir.

2. Kurang Nutrisi contohnya defisiensi Zn dan B6, vitamin C pada waktu hamil, kekurangan asam folat.

3. Radiasi

4. Terjadi trauma pada kehamilan trimester pertama.

5. Infeksi pada ibu yang dapat mempengaruhi janin contohnya seperti infeksi Rubella dan Sifilis, toxoplasmosis dan klamidia

6. Pengaruh obat teratogenik, termasuk jamu dan kontrasepsi hormonal, akibat toksisitas selama kehamilan, misalnya kecanduan alkohol, terapi penitonin

7. Multifaktoral dan mutasi genetic

8. Diplasia ektodermal



Cacat terbentuk pada trimester pertama kehamilan, prosesnya karena tidak terbentuknya mesoderm, pada daerah tersebut sehingga bagian yang telah menyatu (proses nasalis dan maksilaris) pecah kembali.
Labioskizis terjadi akibat fusi atau penyatuan prominen maksilaris dengan prominen nasalis medial yang diikuti disfusi kedua bibir, rahang, dan palatum pada garis tengah dan kegagalan fusi septum nasi. Gangguan fusi palatum durum serta palatum mole terjadi sekitar kehamilan ke-7 sampai 12 mgg

Klasifikasi

1. Berdasarkan organ yang terlibat
a. Celah di bibir (labioskizis)
b. Celah di gusi (gnatoskizis)
c. Celah di langit (palatoskizis)
d. Celah dapat terjadi lebih dari satu organ mis = terjadi di bibir dan langit-langit (labiopalatoskizis)

2. Berdasarkan lengkap/tidaknya celah terbentuk
Tingkat kelainan bibr sumbing bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Beberapa jenis bibir sumbing yang diketahui adalah :
a. Unilateral Incomplete. Jika celah sumbing terjadi hanya disalah satu sisi bibir dan tidak memanjang hingga ke hidung.
b. Unilateral Complete. Jika celah sumbing yang terjadi hanya disalah satu sisi bibir dan memanjang hingga ke hidung.
c. Bilateral Complete. Jika celah sumbing terjadi di kedua sisi bibir dan memanjang hingga ke hidung.


GEJALA DAN TANDA
Ada beberapa gejala dari bibir sumbing yaitu :
1. Terjadi pemisahan langit – langit
2. Terjadi pemisahan bibir
3. Terjadi pemisahan bibir dan langit – langit.
4. Infeksi telinga berulang.
5. Berat badan tidak bertambah.
6. Pada bayi terjadi regurgitasi nasal ketika menyusui yaitu keluarny air susu dari hidung.

DIAGNOSIS
Untuk mendiagnosa terjadi celah sumbing pada bayi setelah lahir mudah karena pada celah sumbing mempunyai ciri fisik yang spesifik. Sebetulnya ada pemeriksaan yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan janin apakah terjadi kelainan atau idak. Walaupun pemeriksaan ini tidak sepenuhya spesifik. Ibu hamil dapat memeriksakan kandungannya dengan menggunakaan USG.


Komplikasi

Keadaan kelaianan pada wajah seperti bibir sumbing ada beberapa komplikasi karenannya, yaitu ;
1. Kesulitan makan; dalami pada penderita bibir sumbing dan jika diikuti dengan celah palatum. memerlukan penanganan khusus seperti dot khusus, posisi makan yang benar dan juga kesabaran dalam memberi makan pada bayi bibir sumbing
2. Infeksi telinga dan hilangnya Dikarenakan tidak berfungsi dengan baik saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan dan jika tidak segera diatasi makan akan kehilangan pendengaran.
3. Kesulitan berbicara. Otot – otot untuk berbicara mengalami penurunan fungsi karena adanya celah. Hal ini dapat mengganggu pola berbicara bahkan dapat menghambatnya
4. Masalah gigi. Pada celah bibir gigi tumbuh tidak normal atau bahkan tidak tumbuh, sehingga perlu perawatan dan penanganan khusus.

CPD - CEPHALOPELVIC DISPROPORTION

berikut akan dijelaskan tentang CPD. diambil dari makalah saya. agak panjang. silahkan disimak.



Seperti yang kita ketahui, panggul terdiri dari empat jenis,yaitu


* Ginekoid, adalah jenis panggul "ideal" yang dimiliki oleh sekitar 45% perempuan. Bentuk pintu atas panggulnya hampir bulat, melintang kiri dan kanan mirip lingkaran, sementara dinding sampingnya lurus.

* Android, hanya 15% perempuan yang memiliki panggul jenis ini. Bentuk pintu atasnya menyerupai segitiga. Dinding samping panggul membentuk sudut yang semakin menyempit ke bawah.

* Antropoid, bentuknya lonjong seperti telur ke arah depan. Dinding samping panggul berbentuk lurus. Wanita yang memiliki jenis panggul ini diperkirakan mencapai 35%.

* Platipelloid, bentuk pintu atas panggul seperti kacang atau ginjal. Dinding samping panggul membentuk sudut yang makin lebar ke arah bawah. Ada 5% perempuan yang memilikinya.

Namun jenis- jenis panggul berhubungan dengan faktor-faktor ras dan sosial ekonomi, frekuensi dan ukuran jenis panggul berbeda-beda di setiap bangsa. Sebagai contohnya, ukuran standar untuk panggul wanita Eropa berbeda dengan wannita Asia.

Pada panggul dengan ukuran normal, kelahiran per vaginaan janin dengan berat badan yang normal tidak akan mengalami kesukaran. Akan tetapi karena pengaruh gizi, lingkungan atau hal-hal lain, ukuran-ukuran panggul dapat menjadi lebih kecil daripada standar normal,sehingga bisa terjadi kesulitan dalam persalinan per vaginaan. Terutama kelainan pada panggul android dapat menimbulkan distosia yang sukar diatasi. Di samping panggul-panggul sempit karena ukuran pada empat jenis pokok tersebut di atas kurang dari normal, terdapat pula panggul-panggul sempit yang lain, yang umumnya juga disertai perubahan dalam bentuknya.

Cara paling mudah untuk memprediksi apakah seorang wanita berpanggul sempit atau tidak, adalah melalui tinggi badannya. Wanita dengan tinggi kurang dari 145 cm berpotensi lebih tinggi untuk memiliki panggul sempit. Tetapi pada dasarnya jika tinggi badan kurang dari 145 cm pun, jika ukuran kepala dan tubuh bayi kecil, misalnya seperti pada bayi lahir prematur dengan usia kehamilan 6-7 bulan, maka persalinan normal masih dimungkinkan. Sebaliknya, jika tinggi badan lebih dari 145 cm pun, jika ada kondisi-kondisi tertentu, bisa saja memiliki kendala untuk melahirkan normal. Kendala-kendala tersebut antara lain :

• Ukuran kepala bayi. Jika ukuran kepala dan badan terlampau besar melebihi ukuran jalan lahir (panggul) ibu, walaupun ibu tergolong tinggi tetap saja Anda harus melahirkan melalui bedah sesar.

• Kelainan panggul, tipe panggul ginekoid (panggul normal wanita) dapat melahirkan secara vaginal sedangkan tipe panggul lain tidak dapat seperti panggul yang tidak simetris, dan android (panggul pria)

• Kelainan letak bayi, jika posisi bayi tidak sesuai seperti yang diharapkan tentu akan menyulitkan persalinan.

Mengukur Panggul
Waktu paling tepat untuk mengukur panggul adalah saat kehamilan berusia 36 minggu. Pada saat itu, dokter dapat menentukan kemungkinan Anda untuk dapat melahirkan secara normal. Pengukuran terutama menyangkut diameter maupun luas masing-masing pintu panggul. Semakin luas panggul Anda, teorinya semakin mudah pula bayi keluar. Sebaliknya, semakin sempit panggulnya, maka makin besar kemungkinan timbulnya kesulitan dalam persalinan.

Pemeriksaan dilakukan meliputi :

• Pemeriksaan Secara Klinis. Teknisnya dokter akan memasukkan dua jarinya (jari telunjuk dan tengah) ke jalan lahir hingga menyentuh bagian tulang belakang/promontorium. Setelah itu, dokter akan menghitung jarak dari tulang kemaluan hingga promontorium untuk mengetahui ukuran pintu atas panggul dan pintu tengah panggul. Jarak minimal antara tulang kemaluan dengan promontorium adalah 11 cm. Panggul tengah di ukur dengan cara memeriksa spina ischiadika atau tonjolan tulang panggul yang teraba menonjol atau tidak, dan sudut tulang kemaluan lebih dari 90 derajat dan intertuberosum lebih dari 8 cm untuk mengetahui panggul bawah luas.

• Pemeriksaan Radiologi/ rontgen. Dilakukan dengan cara memotret panggul ibu, menggunakan alat rontgen. Hasil foto kemudian dianalisa untuk mengetahui ukuran panggul. Mulai dari pintu atas panggul, pintu tengah panggul, dan pintu bawah panggul.

Dalam Obstetri yang terpenting bukan panggul sempit secara anatomis melainkan panggul sempit secara fungsional artinya perbandingan antara kepala dan panggul. Kondisi panggul sempit dikenal pula dengan sebutan Cephalopelvic Disproportion (CPD). Berdasarkan data American College of Nurse Midwives (ACNM), CPD ditemukan pada 1 dari 250 kehamilan. CPD terjadi jika kepala bayi atau ukuran tubuh bayi lebih besar daripada luas panggul ibu. Sehingga dalam proses persalinan, bayi tidak mungkin dapat melewati panggul ibu, Jika telah diketahui adanya kondisi CPD, maka jalan paling aman untuk melahirkan adalah melalui bedah cesar.

v Persangkaan Panggul sempit

Seorang harus ingat akan kemungkinan panggul sempit kalau :

1. Aprimipara kepala anak belum turun setelah minggu ke 36

2. Pada primipara ada perut menggantung

3. pada multipara persalinan yang dulu – dulu sulit

4. kelainan letak pada hamil tua

5. kelainan bentuk badan (Cebol, scoliose,pincang dan lain-lain)

v Kesempitan panggul dibagi sebagai berikut :

1. Kesempitan pintu atas panggul

2. kesempitan panggul tengah

3. kesempitan pintu bawah panggul

Ø Kesempitan pintu atas panggul

Pintu atas panggul dianggap sempit kalau konjugata vera kurang dari 10 cm atau kalau diameter transversa kurang dari 12 cm. kesempitan pada konjugata vera (panggul picak) umumnya lebih menguntungkan daripada kesempitan pada semua ukuran (panggul sempit seluruhnya). Oleh karena pada panggul sempit kemungkinan lebih besar bahwa kepala tertahan oleh pintu atas panggul, maka dalam hal ini serviks uteri kurang mengalami tekanan kepala. Hal ini dapat mengakibatkan inersia uteriserta lambannnya pendataran dan pembukaan serviks. Apabila pada panggul sempit pintu atas panggul tidak tertutup dengan sempurna oleh kepala janin, ketuban bisa pecah pada pembukaan kecil dan ada bahaya pula terjadinya prolapsus funikuli. Pada panggul picak turunnya belakang kepala bias tertahan dennga akibat terjadinya defleksi kepala, sedang pada panggul sempit seluruhnya ditemukan rintangan pada semua ukuran; kepala memasuki rongga panggul dengan hiperfleksi.

Ø Kesempitan panggul tengah

Dengan sacrum melengkung sempurna, dinding-dinding panggul tidak berkonvergensi, foramen iskiadikum mayor cukup luas, dan spina iskiadika tidak menonjol ke dalam, dapat diharapkan bahwa panggul tengah tidak akan menyebabkan rintangan bagi lewatnya kepala janin. Apabila ukurannya kurang dari 9,5 cm, perlu kita waspada terhadap kemungkinan kesukaran pada persalinan, apalagi bila diameter sagitalis posterior juga pendek. Pada panggul tengah yang sempit, lebih sering ditemukan posisi oksipitalis posterior persisten atau presentasi kepala dalam posisi lintang tetap (transverse arrest).

Ø Kesempitan pintu bawah panggul

Pintu bawah panggul merurpakan bidang yang tidak datar, tetapi terdiri atas segitiga depan dan segitiga belakang yang mempunyai dasar yang sama, yakni distansia tuberum. Apabila ukuran yang terakhir ini lebih kecil daripada biasa, maka sudut arkus pubis mengecil pula(kurang dari 80°). Agar kepala janin dapat lahir, diperlukan ruangan yang lebih besar pada bagian belakang pintu bawah panggul. Dengan diameter sagitalis posterior yang cukup panjang persalinan per vaginaan dapat dilaksanakan, walaupun dengan perlukaan luas pada perineum.

Prognosis

Apabila persalinan dengan disproporsi sefalopelvik dibiarkan berlangsung sendiri tanpa pengambilan tindakan yang tepat, timbul bahaya bagi ibu dan janin.

Ø Bahaya bagi ibu

· Partus lama seringkali disertai pecahnya ketuban pada pembukaan kecil, dapat menimbulkan dehidrasi serta asidosis, dan infeksi intrapartum.

· Dengan his yang kuat, sedang kemajuan janin dalam jalan lahir tertahan, dapat timbul regangan segmen bawah uterus dan pembentukan lingkaran retraksi patologik. Keadaan ini terkenal dengan nama rupture uteri mengancam; apalagi jika tidak segera diambil tindakan untuk mengurangi regangan maka akan timbul rupture uteri (robek uterus).

· Dengan persalinan tidak maju karena disproporsi sefalipelvik, jalan lahir pada suatu tempat mengalami tekanan yang lama antara kepala janin dan tulang panggul. Hal itu menimbulkan gangguan sirkulasi dengan akibat terjadinya iskemia dan kemudian nekrosis pada tempat tersebut. Beberapa hari post partum akan terjadi fistula vesikoservikalis, atau fistula vesikovaginalis, atau fistula rektovaginalis.

Ø Bahaya bagi janin

· Partus lama dapat meningkatkan kematian perinatal,apalgi jika ditambah dengan infeksi intrapartum.

· Prolapsus funikuli, apabila terjadi, mengandung bahaya yang sangat besar bagi janin dan harus diusahakan kelahirannya dengan segera apabila ia masih hidup.

· Dengan adanya disproporsi sefalopelvik kepala janin dapat melewati rintangan pada panggul dengan mengadakan moulage. Moulage dapat dialami oleh kepala janin tanpa akibat ynag jelek sampai batas-batas tertentu, akan tetapi apabila batas-batas tersebut terlampaui, terjadi sobekan padatentorium serebelli dan perdarahan intracranial

· Selanjutnya tekanan oleh promontorium terkadang oleh simfisis pada panggul picak menyebabkan perlukaan pada jaringan di atas tulang kepala janin, selain itu dapat pulabmenimbulkan fraktur pada os parietalis.

PENANGANAN

Dewasa ini 2 tindakan dalam penanganan disproporsi sefalopelvikyang dahulu banyak dilakukan tidak diselenggarakan lagi. Cunam tinggi dengan menggunakan axis-traction forceps dahulu dilakukan untuk membawa kepala janin – yang dengan ukuran besarnya belum melewati pintu atas panggul – ke dalam rongga panggul dan terus keluar. Tindakan ini ini sangat berbahaya bagi janin dan ibu, kini diganti oleh seksio sesarea yang jauh lebih aman. Induksi partus prematurus umumnya juga tidak dilakukan lagi. Keberatan tindakan ini ialah kesulitan untuk menetapkan apakan janin walaupun belum cukup bulan, sudah cukup tua dan besar untuk hidup dengan selamat di luar tubuh ibu dan apakah kepala janin dapat dengan aman melewati kesempitan pada panggul ibu.

Selain seksio sesarea, dapat pula dilakukan partus percobaan, simfisiotomia dan karsiotomia. Namun simfisiotomia jarang sekali dilakukan di Indonesia, sedangkan kraniotomia hanya dilakukan pada janin mati.

v Seksio sesarea

Seksio sesarea dapat dilakukan secar elektif atau primer, yakni sebelum persalinan mulai atau pada awal persalinan, dan secara sekunder, yakni sesudah persalinan berlangsung selama beberapa waktu.

eksio sesarea elektif direncanakan lebih dahulu dan dilakukan pada kehamilan cukup bulan karena kesempitan panggul yang cukup berat, atau karena terdpat disproporsi sefalopelvik yang nyata. Selain itu seksio tersebut diselenggarakan pada kesempitan ringan apabila ada factor-faktor lain yang merupakan komplikasi, seperti primigrvida tua, kelainan letak janin yang tidak dapat diperbaiki, kehamilan pada wanita yang mengalami masa infertilitas yang lama, penyakit jantung dan lain-lain.

Seksio sesarea sekundar dilakukan karena persalinan percobaan dianggap gagal, atau karena timbul indikasi untuk menyelesaikan persalinan selekas mungkin, sedang syarat-syarat untuk persalinan per vaginam tidak atau belum dipenuhi.

v Persalinan percobaan

Setelah pada panggul sempit berdasarkan pemeriksaan yang teliti pada hamil tua diadakan penilaian tentang bentuk serta ukuran-ukuran panggul dalam semua bidang dan hubungan antara kepala janin dan panggul, dan setelah dicapai kesimpulan bahwa ada harapan bahwa persalinan dapat berlangsung per vaginam dengan selamat, dapat diambil keputusan untuk menyelenggarakan persalinan percobaan. Dengan demikian persalinan ini merupakan suatu test terhadap kekuatan his dan daya akomodasi, termasuk moulage kepala janin; kedua fakto ini tidak dapat diketahui sebelum persalinan berlangsung selama beberapa waktu.

Pemilihan kasus-kasus untuk persalinan percobaan harus dilakukan dengan cermat. Di atas sudah dibahas indikasi-indikasi untuk seksio sesarea elektif; keadaan-keadaan ini dengan sendirinya merupakan kontra indikasi untuk persalinan percobaan. Selain itu, janin harus berada dalam presentasi kepala dan tuanya kehamilan tidak lebih dari 42 minggu. Karena kepala janin bertambah besar serta lebih sukar mengadakan moulage, dan berhubung dengan kemungkinan adanya disfungsi plasenta, janin mungkin kurang mampu mengatasi kesukaran yang dapat timbul pada persalina percobaan. Perlu disadari pula bahwa kesempitan panggul dalam satu bidang, seperti pada panggul picak, lebih menguntungkan daripada kesempitan dalam beberapa bidang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

§ Pengawasan terhadap keadaan ibu dan janin. Pada persalina yang agak lama perlu dijaga agar tidak terjadi dehidrasi dan asidosis

§ Pengawasan terhadap turunnya kepala janin dalam rongga panggul. Karena kesempitan pada panggul tidak jarang dapat menyebabkan gangguan pada pembukaan serviks

§ Menentukan berapa lama partus percobaan dapat berlangsung

v Simfisiotomi

Simfisotomi ialah tindakan untuk memisahkan tulang panggul kiri dari tulang panggul kanan pada simfisis agar rongga panggul menjadi lebih luas. Tindakan ini tidak banyak lagi dilakukan karena terdesak oleh seksio sesarea. Satu-satunya indikasi ialah apabila pada panggul sempit dengan janin masih hidup terdapat infeksi intrapartum berat, sehingga seksio sesarea dianggap terlalu berbahaya.

v Kraniotomi

Pada persalinan yang dibiarkan berlarut-berlarut dan dengan janin sudah meninggal, sebaiknya persalina diselesaikan dengan kraniotomi dan kranioklasi. Hanya jika panggul demikian sempitnya sehingga janin tidak dapat dilahirkan dengan kraniotomi, terpaksa dilakukan seksio sesarea.

INFEKSI PERINEUM

berikut pembahasan singkat tentang infeksi perineum, diambil dari makalah saya, hehe berhubung kalo nulis sendiri lagi, cuapee.

apa sih perineum? perineum adalah kulit antara vagina (lubang kemaluan) dan anus. perineum ini adalah bagian yang sering robek ketika terjadi proses melahirkan. jika robek ini terjadi karena digunting (disengaja) dinamakan dengan tindakan episiotomy. jika robek ini murni terjadi karena desakan kepala bayi, dan tanpa digunting oleh bu bidan, dinamakan ruptur. ruptur biasanya tidak beraturan, karena robekan terjadi alami. beda halnya dengan episiotomy, yang biasanya bentuk robekannya teratur(lurus) karena di robek dengan gunting. gunting di sini bukan gunting kertas ya, ya pake gunting episiotomy. karena itulah episiotomy pada jaman sekarang sering dilakukan, karena akan lebih mempermudah pekerjaan bidan. proses penjahitan perineum dapat lebih cepat karena robekan rapi dan lurus. selain itu hasil jahitanpun akan lebih rapi.


Pada masa nifas di butuhkan perawatan khusus agar tidak terjadi infeksi-infeksi pada alat reproduksi. Pada luka rupture atau episiotomy,setelah proses penjahitan(bila perlu dijahit) harus selalu diawasi agar tidak terjadi infeksi. Robekan perineum terjadi pada hampir semua persalinan pertama dan tidak jarang pula juga terjadi pada persalinan berikutnya(asuhan kegawatdaruratan dalam kebidanan,2009).

Tingkat perlukaan pada perineum dapat dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu Tingkat 1 : bila perlukaan hanya terbatas pada mukosa vagina/ kulit perineum Tingkat 2 : perlukaan lebih panjang sampai otot, difragma,diafragma urogenital Tingkat 3 : perlukaan sampai muskulus sfingter ani (otot anus)

Pada perlukaan tingkat 1, bila hanya ada luka lecet, tidak diperlukan penjahitan. Pada perlukaan tingkat 2, hendaknya luka dijahit kembali secara cermat. Jahitan hendaknya jangan terlalu ketat, sebab beberapa jam kemudian di tempat perlukaan akan timbul edema. Penanganan perlukaan perineum tingkat 3 memerlukan teknis penjahitan khusus. Pertama tama dilakukan penjahitan otot sfingter ani, setelah itu dilakukan penjahitan seperti perlukaan tingkat 2.

Luka pada perineum serta alat-alat reproduksi lainnya akan berangsur-angsur sembuh dalam 6 minggu setelah persalinan. Pada daerah perineum akan sedikit meninggalkan parut bekas luka robekan atau penjahitan.

infeksi pada robekan perineum kerap terjadi apabila luka terbuka dibiarkan dan menjadi ulkus yang disertai dengan pus(nanah) atau karena keadaan yang kurang bersih dan tindakan pencegahan infeksi yang kurang baik. sering terjadi pada persalinan lama atau ditolong oleh dukun yang kurang memperhatikan kebersihan ( Buku ajar Patologi Obstetri untuk mahasiswa kebidanan,2009).

Pada infeksi bekas sayatan episiotomy atau luka perineum, jaringan sekitarnya membengkak, tepi luka menjadi merah dan bengkak, jahitan mudah lepas, serta luka yang terbuka menjadi ulkus dan mengeluarkan pus ( asuhan kebidanan pada masa nifas,2009) infeksi ini dapat menjalar ke atas menjadi servitis, endoservitis, endometritis, parametritis dan abses (Buku ajar Patologi Obstetri untuk mahasiswa kebidanan,2009). Penanganan komplikasi yang lambat dapat menyebabkan terjadinya kematian pada ibu nifas mengingat kondisi fisik ibu nifas masih lemah (Suwiyoga, 2004). Penyebab :

- Karena bekas sayatan epistiotomi sehingga jahitan mudah lepas atau karena ruptur luka terbuka dan menjadi ulkus yang disertai dengan pus.

- Keadaan yang kurang bersih dan tindakan pencegahan infeksi yang kurang baik.


Tanda dan Gejala :

- Gejala yang selalu ada : 1. Demam 2. Nyeri tekanan pada perut bagian bawah 3. Gatal-gatal
- Gejala yang kadang ada 1. Nyeri lepas 2. Perut kembung 3. Merah dibagian perineum 4. Mual muntah 5. Syok

Penanganan :

- Jika terdapat pus atau cairan, bukalah luka dan bersihkan luka tersebut
- Angkat kulit yang nekrotin dan jahitan subkutikuler tetapi jangan angkat jahitan fasia
- Jika terdapat abses tanpa selulitis, tidak perlu diberikan antibiotika. Kompres luka Minta pasien mengganti kompres sendiri, ganti pembalut, baju juga personal hygien

ABORSI

Kali ini saya mau membahas tentang aborsi. Aborsi berarti berakhirnya masa kandungan sebelum sang janin lahir, alias janin meninggal dalam kandungan. Ada berapa banyak ya orang yang melakukan aborsi di Indonesia? Bentar ya, tak cek dulu….

--------------------------------------------

Aduh mak, saya search di mbah google, aborsi di Indonesia mencapai angka 2,6 JUTA PERTAHUN!!!! Innalillahiiii….. kejamnya para wanita Indonesia,,,ckckckck.

Ett tapi tunggu dulu, aborsi bukan hanya yang dilakukan dengan sengaja lho. Keguguran yang tanpa disengaja pun termasuk peristiwa aborsi.

Aborsi dari 2 jenis:
1. Aborsi spontan : aborsi yang terjadi tanpa kesengajaan yang sering kita sebut dengan ‘keguguran’
2. Aborsi dengan tindakan : aborsi yang disengaja dengan pertimbangan medis atau tanpa pertimbangan medis

Yang saya mau bahas di sini adalah : pertimbangan medis apa sih yang menjadikan seorang janin diperbolehkan untuk digugurkan/diaborsi??

Ada sebuah undang-undang yang sedikit lucu yang harus anda baca, yaitu Undang-Undang Nomor 23 tahun 1992 pasal 15 ayat 1 sebagai berikut:

“Dalam keadaan darurat sebagai upaya untuk menyelematkan jiwa ibu hamil dan janinnya, dapat dilakukan tindakan medis tertentu”.

Di sini tampak jelas, jika aborsi dapat dilakukan/boleh dilakukan jika dalam pertimbangan untuk meyelamatkan si ibu dan si janin. Coba anda baca sekali lagi. untuk MENYELAMATKAN jiwa IBU HAMIL dan JANINNYA.

Helooo?? Tindakan aborsi mana sih yang menyelamatkan janin? Bunyi pasal ini bener2 ambigu yak? Kalo dibaca sekali kayaknya kalimatnya halus “untuk menyelematkan jiwa ibu hamil dan janinnya” padahal sama sekali gak nyambung. Jelas2 yang namanya aborsi itu membahayakan nyawa ibu dan janin.

Lain lagi dalam KUHP yang saya males meng-copy paste disini. Pokoknya banyak sekali pasal yang menerangkan bahwa bagi siapapun yang dengan sengaja melakukan aborsi serta yang membantu melakukan tindakan aborsi, akan dikenakan sangsi berat. Nah loh! Bertentangan dengan pasal 15 tadi. Kalau memang aborsi di dibolehkan, kok yang melakukan malah kena sangsi? Para dokter dan bidan pun bingung mau melaksanakan aborsi atau tidak. Ee.. ternyata dukun branak duluan ambil kesempatan,,eaaa.

Bingung juga ya, kayak buah simalakama.. Karena aborsi terlarang, banyak yang aborsi di dukun, yang notabene alat2nya gak steril, jadilah banyak ibu yang meninggal karena infeksi. Lain lagi kalo aborsi di legalkan, berapa banyak orang yang bakal aborsi di dokter atau bidan? Mending kalo alesannya bener, tapi kalo karena MBA dan sejenisnya? Mending dokter atau bidannya bener, kalo matre?

Aduh pusing yah, udahan dulu deh.

*nutup leptop*
*tarik selimut*

uwak (PKL BANJAR PART 4)

Hujan rintik mengiringi kami menuju rumah. Sawah hijau terbentang menemani kami menuju pelosok desa. Aku dan tiga temanku berkhayal bagaimanakah rupa rumah yang akan kami tempati. Apakah gubuk ataukah istana?. air hujan membasahi kaca mobil, mengaburkan pandanganku menatap rumah-rumah di tengah sawah sana. Ah, begitu jauh aku dari Jakarta. Tak akan adakah mall atau sekedar indomaret? Atau, adakah koneksi internet di sini?. Entah di mana arah pulang aku tak tahu lagi. Akankah tiga minggu di sini akan menjadi kenangan indah atau hanya sekedar minggu-minggu tak berarti yang membosankan?. Aku belum bisa menebak. Yang aku suka sekarang ini mungkin hanyalah pemandangan hijau itu, sawah yang tak pernah kulihat di Jakarta. Mungkin saja aku akan betah di sini. Apalah bedanya rumah di sini dan Jakarta? Paling paling hanya suasananya saja.

Mobil berhenti. Inilah rumah yang akan kami tempati tiga minggu ke depan. Rumah bagus. Halamannya cukup luas . disambut hangat oleh sang Ibu yang empunya rumah. Ramah. Berkenalan basa-basi dengan orang-orang rumah. Memohon ijin untuk tinggal selama tiga minggu di sana. Tak lama si Ibu pergi karena masih ada keperluan lain. Menitipkan kami pada seorang Ibu tua pengurus rumah.

Kami memanggilnya uwak. Uwak sudah tua. Mungkin lima puluh tahun lebih. Memakai penutup songkok kepala dari kain. Khas orang jaman dulu. Tiap bicara ia tersenyum. Aku belum tahu nama asli uwak. Tak terlalu ingin tahu juga.

Hari berlalu. Tugasku di desa ini bukan untuk bermain-main. Harus mendata hampir sembilan puluh rumah, memakan waktu lebih dari sehari. Tiap pagi harus bersiap untuk pergi mendata warga.

Pagi itu aku mencari sendalku yang kemarin kupakai untuk keliling ke rumah warga. Ah itu dia. Tertata rapih di antara jajaran sepatu lainnya. Ah, bersih sekali sepatuku ini, seingatku kemarin berlumur lumpur bekas menyebrang jembatan sungai. Kenapa sekarang terlihat bersih?. Aku ingat uwak, pasti dia yang membersihkan sepatuku. Sebelum pergi mendata ku temui sosok uwak dan mengucapkan terima kasih karena telah membersihkan sepatuku. Uwak hanya tersenyum sumringah, seperti biasa. Ah, baik juga si uwak itu.

Siang yang lelah, aku dan kawan-kawan pulang dari mendata. Ternyata di kamar kami sudah ada buah-buahan dan kuah rujak yang dibuatkan uwak. Wah, kami senang sekali. Rujak memang asik dimakan siang-siang terik begini. Lagi-lagi kami mengucapkan terima kasih pada uwak. Dan lagi-lagi uwak hanya tersenyum sumringah.

Setiap pagi makan makanan buatan uwak yang pasti selalu super pedas. Dan setiap pagi pula sepatu kami kembali bersih setelah kemarinnya kotor oleh tanah. Waktu itu pernah pula uwak melipat dan menyetrika baju cucian kami. Ah, tak enak rasanya, kami di sini hanya membayar uang makan dan listrik saja.

Uwak suka nonton sinetron. Sinetron Amira kesukaannya. Aku yang tak begitu mengerti jalan ceritanya ikut-ikut saja menemani uwak nonton. Terkadang uwak ribut sendiri kalau ia gemas dengan adegan sinetron itu.

Sampai akhirnya kami mendata rumah yang kami tempati. Kulihat kartu keluarga milik uwak. Sambil mendata kulihat betul kartu keluarga itu. Hanya ada nama uwak dan satu anaknya yang masih SD. Ah, rupanya uwak adalah seorang janda dengan satu anak. Anaknya Cuma satu, laki-laki. Kemana suaminya uwak ya? Tak berani aku tanyakan. Jarang kulihat anak uwak yang SD itu, tinggalnya tidak bersama uwak dan kami, di rumah ini.

Uwak selalu tampak ceria sumringah setiap melihat kami pulang mendata. Selalu mengingatkan kami untuk makan. Mungkin sebelum kami di sini suasana rumah sepi. Mungkin uwak senang karena dengan ada kami, rumah ini jadi ramai.

Satu hari menjelang kami pulang. Uwak menanyakan apakah kami besok jadi pulang. Ia berkata jika kami pergi rumah jadi sepi lagi. Mata uwak mulai berkaca-kaca. Kami pun memalingkan wajah, tak ingin ikut menangis. Uwak sudah seperti keluarga kami sendiri. Bahkan kami lebih dekat dengan uwak ketimbang dengan Ibu yang punya rumah. Ah, aku benci hal-hal yang sentimental begini.

Dan ketika ada pertemuan pastilah ada perpisahan. Hari ini pagi sekali kami sudah rapih. Hari berpisah setelah tiga minggu menumpang di rumah ini. Sedari pagi mata uwak berkaca-kaca, terlebih saat kami minta berfoto bersama.

Kami pun mohon ijin pada semua anggota keluarga, pada tetangga dan tak lupa pada uwak. Uwak tak kuasa menahan tangis. Uwak tersedu sambil memeluk kami satu persatu. Aku pun tak kuasa menahan air mata. Segera aku duluan naik ke mobil jemputan. Aku sebal harus berpamitan seperti ini. Malas rasanya bertangis-tangisan. Teman yang lain akhirnya menyusul naik ke mobil. Kulihat uwak menghapus air mata dengan bajunya. Matanya memerah dan terus menangis. Sebegitukah uwak sedih dengan kepergian kami. Mungkin uwak sudah menganggap kami seperti anak sendiri.

Mobil mulai melaju. Lambaian tangan terakhir sebagai tanda perpisahan. Sampai jumpa lagi uwak. Sampai jumpa lagi desa. Sampai jumpa lagi sawah. Sampai jumpa lagi jembatan sungai. Semoga tiga minggu ini member makna dalam sejarah kehidupanku.

HMM

Wuowwwww…….. gaswattttt…

Blog saya udah gak apdet!!!!!! Musti buru-buru nulis nih biar blognya gak berhantu….

Fiuhhhh,,oke. Sekarang kita mau nulis apa? Apa aja bole, asal jumlah postingan blog nambah. Penting gak penting tulis aja deh.

Eh emangnya tujuan kita nulis blog buat apaan sih? Cuma biar jumlah postingan nambah?

Saya pribadi (lagi-lagi cerita tentang diri sendiri) terkadang punya macam-macam alasan untuk corat coret di blog. Terkadang memang sedang ada ide untuk menulis, terkadang ‘terpaksa’ untuk menulis. Mengapa tepaksa?? Rutinitas harian yang dibuat seakan-akan jadi sibuk, kerap jadi alasan untuk tidak menulis blog, menjadikan blog saya koma untuk beberapa saat, atau mungkin beberapa bulan. Kalau sudah begitu, mulai berpikir keras untuk menulis -apa saja- agar blog bisa apdet. Untungnya saya tidak mencari uang dari blog, kalau tidak, bisa-bisa saya di banned terus gara-gara gak apdet blog.

Sebenarnya ide untuk menulis bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Bisa disaat kita lagi bengang-bengong, saat kita nonton film atau melihat suatu kejadian atau mungkin seketika laptop dibuka, ide langsung berloncatan menuntun jari untuk mengetik. Kalo saya sih, ide jarang sekali muncul ketika berhadapan dengan si laptop. Bahkan seringkali ketika sudah siap untuk mengetik, tiba-tiba ide yang tadi ada, menguap tanpa bekas. Alhasil, laptop pun ditutup lagi dan kembali bengang bengong berusaha menangkap kembali ide-ide tadi.

Sekali lagi, apakah tujuan kita menulis di blog? Apakah hanya untuk sekedar agar tidak dicap ‘tidak produktif’ oleh teman sesama blogger? Biar keliatannya aktif gemana getooo. Ataukah kita menulis memang untuk meluapkan isi kepala, mengeluarkan segala unek-unek yang ada serta pemikiran-pemikiran kita yang tak dapat kita ungkapkan secara indah lewat lidah? Apakah ada niatan komersil di sana?? Agar sekedar di puji jago menulis. Memang sih, senang juga kalau ada orang yang membaca postingan kita mengatakan ‘wah seru blog-mu’ atau ‘wah kamu berbakat menulis’ mungkin kata-kata seperti itu sering kali menjadi pemicu untuk kemudian menulis dan menulis lagi.

Kalau saya sendiri tujuan saya menulis di blog buat apa ya??? Entahlah, terkadang memang ingin menulis, atau terkadang terpaksa nulis karena kasian sama blognya yang mulai dilirik laba-laba buat disarangi, sangkin gak apdetnya. Kalau anda sendiri gimana??

GAYA MENULIS

Gaya menulis

Gak ada niatan apa-apa bikin postingan ini. Cuma iseng. Cuma ingin mengomentari gaya penulisan orang-orang yang selama ini blognya saya baca. Termasuk juga mau mengoreksi gaya menulis saya pribadi.

Kebanyakan orang kalau punya blog, Pasti ada ciri khasnya, entah apa itu. Ketika kita sudah terbiasa membaca postingan orang itu, pasti kita jadi terbiasa dengan gaya menulisnya atau gaya ‘bicaranya’ dalam menulis. Bahkan mungkin jika kita diberi artikel dia yang tanpa nama penulis, pasti kita langsung bisa menebak bahwa itu tulisan dia. Karena setiap tulisan pasti mengandung karakter-karakter si penulis. Hehe ribet ya bahasanya.

Ada blog teman saya, yang setiap tulisannya adalah puisi, atau kalau menurut saya adalah tulisan dengan bahasa-bahasa berat –maklum, saya ga bisa nulis puisi- hehe. Mungkin memang keahliannya dalam merangkai kata-kata menjadi indah dan enak dibaca, walau kurang di mengerti (oleh saya pribadi). Atau teman saya yang satu lagi yang hampir tiap postingan membahas politik atau hal-hal yang perlu pemikiran kritis, entah membicarakan seputar Indonesia atau peekonomian yang saya sendiri cenat cenut otaknya kalau baca postingan begitu, hehe. Mungkin memang teman saya itu suka dengan hal-hal kritis seperti itu, orang pinter kali yak. Ada lagi teman saya yang semua isi blognya bikin gigi kering karena ketawa. Mungkin memang keahliannya merangkai kata-kata jadi lucu dan menggelikan.

Pokoknya dalam satu blog pasti setiap postingannya hampir-hampir mirip gaya penulisannya. Pasti ada ciri khasnya. Bisa juga ciri khas dari kata-kata yang digunakan. Biasanya sih semua postingan pasti sama cara memangil dirinya sendiri. Ada yang semua postingan dengan bahasa gue atau saya atau daku atau aku.

Kalau saya pribadi, kalau ada yang baca postingan-postingan saya, mungkin jadi agak bingung. Soalnya saya suka pake macam-macam panggilan diri. Kalau lagi cerita tentang pengalaman-pengalaman pribadi, biasanya pakai ‘gue’. Kalau lagi bahas yang agak berat, pake ‘saya’ atau ‘aku’. Gak konsisten? Emang! Saya juga suka bingung. Kalau semua postingan saya, saya ganti menjadi ‘saya’ pasti banyak yang gak cocok. Atau jika semua ‘saya’ saya ganti jadi ‘gue’ juga terkadang gak cocok dan gak sopan. Pokoknya tergantung mood saat itu. Apakah lagi pengen pakai kata ‘gue’ atau ‘saya’ atau ‘aku’. Isi postingan pun random, terkadang konyol, terkadang serius, terkadang juga gak penting, kayak postingan ini, ahahay. Setiap blog menggambarkan karakter si empunya blog. Seperti blog saya ini yang mengambarkan saya yang begitu labil, ahahahahh xD

*tutup leptop*

*meluk guling*

PKL BANJAR PART 3

Lagi-lagi banjar. Yup BANJAR. Banyak cerita di sini. Namun kali ini saya mau memperbandingkan banjar dengan Jakarta. Beda? Beda bangetttt!!!!

Tak terhitung entah berapa kali saya beli jajanan di banjar sini. Kebanyakan jajanan di sini adalah jajanan jadul alias jaman dulu. Jajanan jaman esde yang sudah punah di Jakarta, ternyata di sini masih beredar. Jadilah saya dan teman-teman bak bernostalgila kembali.

Harga jajanan di sini pun murah meriah sumringah. Di Jakarta mungkin bakso sudah mencapai harga 15 ribu rupiah. Itu pun mungkin baksonya kecil-kecil dan jumlah nya sedikit. Di sini tak perlu merogoh kantong dalam-dalam kalau hanya untuk membeli semangkuk bakso. Cuma 3500 rupiah sudah bisa makan semangkuk bakso samapai kenyang. tak mau bakso,ada mie ayam lezat Cuma 4000 rupiah. Cuma kalah dikit rasanya dibanding mie ayam es teller 77 yang harganya 16 ribu.

Entah bagaimana bentuk perut kami para mahasiswi ketika pulang ke Jakarta nanti. Mungkin semua pulang dengan membawa tas pinggang alias gendut. Belum lagi otak-otak seplastik penuh Cuma seribu perak! What the hell!!! Santap habis semuanya!. Apalagi kalau pergi ke alun-alun, wuihhh sampai maghrib pun mulut tak berhenti untuk mengunyah Cilok, batagor, empek-empek, jamur goreng, martabak, jagung manis, semuanya deh. Semuanya gak ada yang mahal, murah abis. Sampai abis celah diperut untuk menampung makanan, hehe.

Oh iya, makanan di sini ada ciri khasnya. Kalau di Jakarta mungkin kebanyakan makanan pakai saos, entah saos tomat ataupun saos cabe. Di sini punya bumbu pedas sendiri khas banjar. Yaitu bubuk cabe Aida. Itu lho, bubuk cabe yang biasanya bisa bikin kita bersin bersin kalau kebanyakan. Jadi agak aneh juga makan mie ayam, baso tusuk, semuanya pake bubuk cabe Aida. Semua serba aida. Apapun makanannya, aida bubuk cabenya.

kalau kemaren di Jakarta, saya mau jajan pasti pilah pilih. mengingat uang jajan yang musti dihemat. Dan pasti pilihnya makanan yang murah, itu juga susah banget nyarinya. Apa-apa mahal. Tapi di sini saya jadi kalap. Apapun jajanan, pasti di beli. Wahh asik deh. Baiklah, sepertinya program penggendutan diri akan berhasil di sini. mudah-mudahan. Amin. Bosan juga di ledek kurus terus, hehe. Tapi kalo jajan baso-baso-an begitu plus bubuk Aida, jadi gendut atau malah jadi penyakit yak?? ahahahay

PKL BANJAR PART 2

Cerita kali ini masih sama.

BANJAR 6 januari 2011

Yup saya masih di sini dan belum bosan tinggal di sini. Bahkan menurut saya waktu 3 minggu belumlah cukup untuk me-refreshing kepenatan saya tinggal di Jakarta. Walau di sini semua serba udik a.k.a kampungan, tapi saya senang. Alam di sini masih alami. Segar unutk bernapas. Tak seperti Jakarta yang embun paginya adalah asap motor.

Kali ini ini saya ingin menceritakan tentang orang tua asuh saya. Yang subhanalloh menurut saya. Yup, sang bapak kades dan ibu kades.

Pak kades beristri satu (yaeyalah) dan beranak (baru) tiga. Pak kades yang subhanalloh ini punya mushola sendiri, yang kerap dipakai untuk sholat berjamaah bagi orang-orang setempat. Setiap sholat pasti pak kades yang mengimami. Saya pun yang tinggal di sana Alhamdulillah jadi asik sholatnya, soalnya jamaah-an terus.

Setiap sehabis sholat maghrib berjamaah diadakan pengajian bagi anak-anak. Lagi-lagi sang bapak kades yang memimpin. Umur bapak kades belum tergolong tua, masih muda, belum menginjak kepala empat. Tak terbayangkan sibuknya menjadi kepala desa, mengurusi 31 RT dan beribu jiwa warga. Setiap hari mungkin ada saja masalah yang terjadi. Mungkin kalau orang sibuk di kota Jakarta, sangkin sibuknya, tak lagi ingat sholat, apalagi sholat jama’ah bahkan mengaji barang selembar saja pun ogah. Sibuk katanya.

Tapi pak kades saya lain. Seorang pemimpin yang oke menurut saya. Walau sibuk dari pagi hingga sore. Tapi tetap menyempatkan waktu untuk sholat subuh dan maghrib berjamaah bersama masyarakat. Bahkan ngajar ngaji segala. Pernah waktu itu pak kades dan ibu kades pulang kerumah hanya untuk sholat ashar berjamaah berdua di mushola, lalu kembali lagi ke kantor. Memang terkesan gak penting, namun menurut saya itu romantis. Saat- saat sholat jama’ah berdua dengan pasangan sungguh saat yang romantis. Maklum, bapak kades dan ibu kades memang pasangan yang mesra menurut mata saya.

Bu kades selalu ada di saat pak kades mengimami sholat, di saat pengajian, pokoknya di mana ada pak kades di situ ada bu kades. Pernah waktu itu sehabis sholat subuh, para jamaah telah pulang. Hanya pak kades dan bu kades di sana. Pak kades masih berkutat dengan dzikirnya, sementara si ibu tertidur dipangkuannya. Wah, lagi-lagi mereka terlihat mesra. Saya jadi iri, hehe. Bagaimanapun saya kagum dengan mereka-mereka ini. Yang walau sibuk dengan kegiatan duniawi, tapi masih bisa menjadi seorang yang sholeh dan sholehah. Semoga keluarga pak kades selalu diberkati Alloh. Amin. :)

PKL BANJAR PART 1

Fiuhh, akhirnya bisa mencet-mencet tombol laptop dengan leluasa tanpa diganggu oleh tugas ini dan itu. Tapi bukan berarti semua tugas selese, Cuma karna ada waktu luang aja. Berhubung saya udah seminggu 2 hari di Banjar sini, sebenernya buaannyaaaak buangeet yang mau saya tulisin tentang pengalaman saya di sini, entah itu penting ga penting, sering ada keinginan, “ah, ntar gw nulis di blog tentang ini ahh” tapi ga jadi-jadi lantaran tugas2 seabreg yang datang menghadang, tapi sekarang, di pagi subuh yang insyaallah nantinya cerah ini, akhirnya ada kesempatan buat ngetak ngetik dikit.

BANJAR, 5 JANUARI 2011

Apakah saya sedang study tour? oh tidak, sama sekali tidak. Saya ada di Banjar karena program tetap dari kampus yang mewajibkan mahasiswa semester lima untuk turun ke Desa selama kurang lebih 3 minggu. Yup! Desa! Selamat tinggal kota Jakarta, selamat tinggal Slipi jaya, selamat tinggal Hollywood Kartika Chandra. Boro-boro di sini ada bioskop, nemu WC aja udah Alhamdulillah.

Namanya Desa Mekarharja. Sebelah timurnya langsung berbatasan dengan jawa Tengah. Ibaratnya, jawa barat paling ujung. Saya dan teman-teman ada di sini disebabkan satu mata kuliah, yakni “kebidanan komunitas”. Kita diwajibkan untuk turun ke desa supaya tau apa aja kerjaan bidan desa.. dan setelah satu minggu 2 hari di sini, saya dan teman-teman sepakat untuk tidak akan pernah sama sekali bahkan niatan pun tidak, untuk menjadi bidan desa!

Kami di sini dibagi per RW. Satu RW di pegang oleh 3 atau 4 mahasiswi. Jadilah saya dan 3 teman lain yang dipersatukan oleh takdir, kebagian memegang RW 12 yang terdiri dari 2 RT.

Hari pertama sampai, di isi dengan pengarahan dan pengenalan dengan orang tua asuh. Orang tua asuh di sini maksudnya adalah orang yang nanti rumahnya akan kami tumpangi selama 3 minggu ke depan.

Entah beruntung atau hoki (emangnya beda?) tapi yang pasti memang ini takdir, saya mendapat orang tua asuh seorang yang amat ternama yang namanya di elu-elukan di setiap sudut desa. Yakni : bapak kepala desa. Tangis haru pun mengucur seiring mobil pengantar sampai di rumah pak kades yang besar, apalagi ketika melongok ke kamar mandi, ohhh ada WC!!! Ingin saya peluk rasanya WC itu. Bagaimana tidak, sebagian besar rakyat di Mekarharja ini tidak punya WC. Mereka Cuma punya kolam multifungsi yang biasa disebut balong. Sebagai tempat mencuci piring, mencuci kain, mandi dan buang air. Sekaligus! Tak terbayangkan kalau saya yang terbiasa pakai WC tiba-tiba harus ee di balong, dengan ikan yang berenang-renang dibawah memasang wajah sumringah menanti keluar sang emas kehidupan. Astaghfirullohhh jorok amat.

Banyak teman saya yang mendapat tempat kurang enak. Ada yang kebagian orang tua asuhnya punya kolam, jadi mau cuci apa-apa harus di kolam,cuci piring, cuci baju. Bahkan dilarang keras cuci baju pake air sumur, entah kenapa, mungkin takut airnya habis . Alhasil teman saya itu pun sampe sekarang belom cuci baju juga.

Hari kedua kami berempat sepakat untuk melakukan pemetaan, alias bikin peta wilayah. Yang artinya kami harus mengukur keliling setiap sudut RW. Rencana di mulai dari rumah pak kades,mengitari RW sampai ketemu rumah pak kades lagi. Berbekal tali raffia yang di sambung menjadi 20 meter, kami pun melakukan pemetaan.

Awalnya biasa aja. tapi lama-lama capek juga karena ujung RW gak keliatan juga. Berkali-kali istirahat dan gantian megang tali raffia. Gantian menjawab karena banyak warga yang bertanya-tanya, sehubungan dengan keberadaan kami beserta tali raffia 20 meter yang lebih keliatan kayak lagi main tarik tambang ketimbang mengukur jalan.

Masalah muncul ketika hanya sawah yang terbentang. Bingung gimana mau ngukur. Akhirnya setelah Tanya sana-sini, katanya ada jalan untuk sampai ke rumah pak kades lagi. Ternyata jalan yang dituju adalah jalan penuh tantangan dan rintangan (halah lebay). Menyusuri jalan sungai, berkali-kali melewati jembatan maut(Cuma terbuat dari 2 bilah bambu) yang mbikin temen saya pengen nangis mau pulang.

Akhirnya terlihat jalanan motor dan tanda-tanda kehidupan. Okelah, akhirnya kami pun sampai dirumah pak kades lagi dengan selamat sentosa meski dengan sepatu yang sudah abstrak bentuknya.

Hari kedua dan ketiga diisi dengan mengunjungi 86 rumah warga. Tak ada waktu tersisa mesti sekedar buat jalan-jalan. Ternyata ini bener-bener bukan study tour!(yaeyalah). Hari ke empat sampai hari keenam di isi dengan mencocokan data tabulasi desa. Sampai tiga hari belum kelar juga. Data tak kunjung valid. akhirnya dengan berat hati terpaksa keliling kerumah-rumah sekali lagi. Kebayang dong capeknyaaaa. Teman saya pun pas nyari data sampai sampai kecemplung di balong (sekaligus sama sepedanya). Entah karena konsentrasi yang berkurang karena capek, atau mungkin karena memang ingin nyoba mandi di balong sambil mencuci sepeda, wallahhualam.

Data selesai, tabulasi selesai, perlengkapan siap. Saatnya mengadakan Musyawarah dengan masyarakat desa. Alhamdulillah acara berlangsung sukses, meski banyak kekurangan dimana-mana. Saya kebagian di panitia rollplay (drama). Mungkin karena wajah saya pucat kayak Mayat idup, saya pun berperan jadi ibu hamil yang kurang darah. Alhamdulillah menghibur.

Di akhir acara, semua dosen tiba-tiba marah. Mengatakan mereka sangat kecewa dengan acara musyawarah ini. Entah ada angin apa,dosen pun mengatakan ini acara terburuk yang pernah ada. kami pun bingung harus berbuat apa. Tangis kami pun tak terbendung, merasa terhina karena kerja keras kami tak dihargai. Bahkan kami disuruh mengulang PKL semester depan.separah itukah?? Memang acara kami tak sempurna, namun dosen harusnya memaklumi ketidaksempurnaan ini . semua mengangis, kecuali satu orang, yaitu : saya. Ahahahayy bukannya saya tak punya hati, saya memang kurang doyan nangis-nangis beramai-ramai. Lagipula dari awal saya sudah curiga sama dosen-dosen ini. Ternyata benar, dosen mengerjai kami. Tangis teman-teman saya pun makin menjadi, kali ini lebih karena bahagia karena tak jadi untuk mengulang PKL tahun depan, haha.

Fiuhhh secara keseluruhan saya mulai betah disini. Tempatnya adem, gak kayak Jakarta yang udah semerawut. Di sini masi hijau suasananya. Bertabur sawah dan embun pagi. Gimana kalau saya alih profesi jadi petani? Kayaknya asik. Hehe.

emansipasi laki-laki

Tau emansipasi? Tau dong. Sering denger pan di tipi-tipi. Orang-orang pada ribut tentang emansipasi wanita. Para wanita pada minta hak-nya disamakan sama laki-laki (padahal laki2 ga doyan pake hak). Yang laki-laki pada kerja, yang wanita juga mau kerja. Pokoknya semua yang laki-laki boleh kerjakan, yang wanita juga ingin diperbolehkan.

Tapi… pada tau gak sih??? Ternyata dibalik teriakan-teriakan para wanita tentang emansipasi dan penyetaraan gender, ada seseorang di balik sana, ngumpet-ngumpet malu ternyata pengen demo emansipasi juga, tapi beraninya dalem hati aja. Ya, dialah laki-laki.

Ternyata gak Cuma wanita yang ingin di setarakan dengan laki-laki. Ternyata diam-diam laki-laki juga pengen disetarakan dengan wanita!! Ihihihihih. Saya juga baru menyadari hal ini beberapa waktu yang lalu, pas lagi naek kereta.

Waktu itu saya naek kereta ekonomi. Lumayan penuh. Saya pun Cuma kebagian berdiri. Di samping saya berdiri seorang wanita dengan menggendong anaknya yang rewel. Dan di depan saya.. eng ing eng.. duduk manis seonggok laki-laki muda dan lumayan ganteng. Emang ganteng sih,, tapi kok gak ngasih kita yang cewe-cewe buat duduk yak?? Liat samping kanan kirinya ga ada tongkat kok, berarti dia gak cacat. Liat matanya, gak buta,berarti dia liat dong ada saya dan ibu disamping saya lagi berdiri. Helloo kita BERDIRI nih,, pengen duduk kale. Apalagi saya kasian sama ibu di samping saya, keknya capek bener gendong anak.

Si laki-laki muda ini nyantai aja. gak lama, henpon-nya bunyi. Dengan asiknya dia ngobrol dengan si penelpon. Kayaknya ngomongin bisnis kerjaan. Dalem hati saya mikir, ini cowo sehat wal’afiat, gaya ngomongnya gaul, yang di omonginpun masalah kerjaan. pasti dia bukan orang sembarangan. Mungkin gak Cuma lulusan SMA, jangan-jangan S1. Tapi masa seh dia gak pernah denger istilah LADIES FIRST??? Helloooo. Mungkin dia udah lupa kalo yang di dahulukan buat duduk itu : wanita, orang tua, orang cacat dan wanita hamil. Atau jangan-jangan cowo ini lagi hamil? *ngaco

Setelah berhaha hihi di telpon, dia pun asik maen hape. Pura-pura gak denger anak si ibu di samping saya lagi rewel. Dasar kau lelaki hina dina!!! Puihh. Muka ganteng, tapi kelakuanmu dengan sekejap menghapus kegantengan itu!!

Saya pun melihat sekitar. Banyak juga laki-laki lain yang duduk manis. Sementara banyak wanita-wanita pada bediri nahan pegel. Para lelaki itu memilih pura-pura tidur demi menghindari tatapan sinis para wanita. Ckckck emang dasar laki-laki jaman sekarang(emang jaman dulu enggak??). saya jadi inget, pas naek keretapun para lelaki maen nerobos bae,yang cewe jadi kedorong kesana kemari. Bener-bener deh yang laki-laki udah pada lupa ama istilah ladies first nih. Keknya yang berlaku sekarang Cuma pepatah, siapa cepat dia yang dapat.

Ternyata kalian para lelaki diam-diam mau disetarakan sama wanita juga yaa??? Tak kusangka.



* ntar yg laki pada ngamuk baca ini**kaboooooorrrrrr* :p

Aku pake behel dan pake blackberry loh,gaol kan akuhh

nov,20 2010

Ahahay tertarik untuk bikin posting ga penting ini soalnya semalem abis berdialog seru dengan dua teman praktek di puskesmas. Mereka cerita dengan penuh semangat fenomena yang lagi nge-trend di kelas mereka saat ini. Yakni pake behel dan pake blackberry. Secara, dua teman saya yang bercerita ini termasuk yang terkontaminasi alias pake behel dan pake blackberry juga.

Mereka cerita bahwa kelas mereka itu di isi sama orang orang yang latahan alias kalo liat temen pake apa mereka juga mau pake. Tingkah laku latahan ini udah menyerang mereka dari semester satu. Jadi ceritanya ada satu orang pake behel, nah trus semua temen sekelas panas pada ikutan pake behel juga. Alhasil pas acara foto kelas, ga perlu pake blitz dah tuh, soalnya udeh silo sama besi behel. Yang kasian, ada temennya ga boleh pake behel sama ortunya, dia punya akal cerdik nan udik. Dia bilang sama ortunya bahwa semua yang kuliah di kampusnya diwajibkan pake behel,,, oalahh. Dan uniknya lagi, ortunya percaya dan akhirnya ngebolehin pake behel,,jiahh gubrak gabruk gedumpranggg,,,emang buah jatoh ga jaoh dari pu’unnya. Trus, ga tau emang ga mampu atau gimana, karet behelnya ga pernah diganti ampe 2 taon, what the???? Mungkin dia udah ga dikasi duit lagi dari ortunya buat ganti karet. Busuk dah tuh karet. Emang ya, biar gahol, semua cara pun di tempuh, sampe gigi gingsul maju 0,001 mm aja di jadiin alesan buat pake behel. Kalo emang gigi bermasalah yah wajar pake behel, tapi kalo buat gaya2an, wah lumayan juga tuh ngerogoh koceknya biar bergigi clink nan gahol. Secara behel itu gag murah, berkisar 3 sampe 5 juta-an,bahkan bisa lebih mahal, lumayan dah tuh bikin ortu lumanyun.

Yak terus lanjut sama blackberry. Katanya pas satu orang pake blackberry, yang laen pada latahan pada pake juga. Mulanya 1 orang, 3 orang,, ehh jadi semuanya pake, sampe yang cowo juga latahan pake BB,ealah capede. Alhasil katanya pas ujian malah pada maen BBM-an alias blackberry- messager. Kalo emang sekiranya butuh blackberry sih gak apa2. Kan emang banyak tuh fitur2 blackberry yang ga ada di hp yang lain. Tapi kalo Cuma buat ikut2an temen mah, halahh.

Di kelas mereka Sebenernya ga Cuma behel sama blackberry aja, pokoke semua yang lagi ngetrend dan bisa bikin mereka kliatan gahol, pasti semua ikutan. Satu smoothing rambut, semua ikutan. Satu pake hair-extention, semua ikutan. Satu beli headset bulet semua ikutan beli. satu beli jam monol, semua ikuta beli. Satu beli oriflamme, semua ikutan beli. Waelah capek bet. Pokoknya dari yang penting sampe gak penting deh. Satu jualan pulsa, semua ikutan jualan pulsa. Bingung bingung dah tuh sapa yang beli. Sampe satu beli somay, semua ikutan beli somay..jiahahahahangok. Mungkin karena kebiasaan latahan mereka yang udah akut, alhasil banyak yang memanfaatkan ini sebagai ladang bisnis yang oke. Akhirnya temen2 mereka banyak yang jualan di kelas dengan untung lumayan. Gimana enggak, satu beli, semua beli!.

Huh, miris banget dah kalo denger cerita begini. Ckck anak muda jaman sekarang… gak kebayang deh kalo saya ada di kelas itu. Pasti capeknya minta ampun. Hari ini musti beli ini biar ikutan gahol, besok beli itu biar tambah gahol. Berapa banyak duit yang bakal saya keluarin untuk sekedar ngikutin temen biar saya ikutan gahol??? Kalo gak ikutan beli, saya ngerasa ga gahol, kalo ikutan beli terus terusan,wah,, bisa bahlul lama-lama.

Tapi untung saya ga begitu latahan. Saya justru gak suka kalo yang saya punya disamain sama orang lain. Saya justru milih apa-apa kebanyakan yang beda dari punya orang lain. Justru asik kan kalo punya barang atau benda Cuma kita aja yang punya, orang lain enggak. Berasa gitu lho istimewanya. Lain halnya kalo Cuma ikut-ikutan temen kayak gitu. Pas temennya pake blackberry, ikutan pake blackberry. Pas temennya ganti i-phone, si blackberry pasti udah terasa tak berarti lagi, karena ikutan pengen punya i-phone juga. Capek kan?. Kasian orang tua sist..bro.. duit yang mereka kasih Cuma kita buang percuma. Bayangin dong, orang tua kita ampe tua gitu nyari duit (lah tua mah wajar ye -,-).

Pergunakanlah uang dengan bijak men!!!



Eh eh, behel pink lucu juga kali yak *sambil ngacain gigi*



=the end=

untung ada mbah google

nov,12 2010

Google. Anda tau google? Jika anda tidak tau apa itu google silahkan tutup blog saya dan merenunglah, kemana saja anda selama ini???

Yup. Google. Hampir semua orang yang belajar internet diawali dengan membuka google. Memang sih search engine gak Cuma google, tapi jaman sekarang keknya yang paling terkenal yaa si mbah google ini.

Saya suka banget sama google, karena itu saya bikin postingan inih. Hidup saya keknya kurang lengkap tanpa kehadiran google *weisttt lebeyy*. Yaiya dong, saya kalo ga tau ini itu sekarang Cuma tinggal buka google. Apa aja yang kita Tanya hampir semua bisa di jawab sama mbah satu ini. Mau nyari info segala macam dari yang penting sampe yang ga penting semua ada. Dari pelajaran sejarah sampe resep makanan semua ada. Nyari lagu-lagu, nyari bahan buat makalah, nyari foto-foto artis, nyari cara memelihara binatang atau menanam pohon sampe cara bunuh diri juga ada, gak percaya? Coba aja *coba cari maksudnya,bukan nyuruh bunuh diri*. Pokoknya semua deh ada di google. Si google ini seakan lebih pinter dari guru-guru kita, pengetahuan yang kita bisa dapet buanyaaakkk buanged pake D. singkatnya, hidup kita lebih mudah dengan adanya search engine kayak gini. Gak perlu beli buku mahal2, toh bisa dicari di google. Gak perlu beli CD lagu mahal2, toh bisa dicari di google.

Kalo jaman dulu nyari info di dalem buku musti buka dulu halaman2 tertentu. Kalo search di google, langsung jreng jreng nyampe ke topic yang di maksud. Yang paling asik nih, kalo dulu kita nyontek pake buku, sekarang Cuma tinggal pake hape, googling deh. Gak perlu repot ngumpetin buku di kolong meja, apalagi ngebatik alias bikin catetan super kecil yang bikin sakit mata. Tinggal googling aja coyy *laen masalah kalo pas ujian hape dikumpulin,bah.. skak mattt*.

Saya sendiri merasa lebih enak belajar lewat google ketimbang dari guru. Google itu pendiem, gak suka ngomel2 kalo kita gak tau, selalu sabar nyariin jawaban atas pertanyaan kita, bahkan yang nyeleneh sekalipun. Saya sendiri pernah mengalami, diajari guru gak ngerti, pas nyari di google baru ngerti. Pasti situ-situ juga pernah kan???.

Sudah gitu sekarang ada fitur google translate. Wealahhhh hidup kok ya gampang bener yakkk. Buanglah itu kamus-kamus segede gambreng. Ga usah dibeli itu kamus elektronik mahal. Untung banget yah pas saya mau skripsi udah ada google translate, wiihh nolong buanget loh. Gak perlu itu yang namanya berpicing-picing mata nyari-nyari arti kata di kamus. Tinggal klik! Semua bisa di translate. Mau bahasa apa? Inggris?jerman?jepang? atau arab?? Bolehhh. Ahh pokoke google is de bes lah. Lup yu pull :D

ngempi itu sulit (postingan multiply)

nov,10 2010

Mulai ngempi itu sulit…. Banyak orang2 yang saya ajak ngempi tumbang di tengah jalan, MP-nya horror alias tak berpenghuni lagi,ga ada postingan lagi. Memang, ngempi itu sulit lho. Gak kayak FB yang bisa rame dengan nulis status doang ato wall2an aja. MP lebih menuntut kita untuk bikin suatu tulisan, tulisan yang gak Cuma sebaris dua baris kayak update status.

Ahaha Cuma mau cerita curhat aja *agak2 gak penting*

Pertama saya ngempi dipaksa2 sama orang INI. Pas udah bikin akun, saya jadi bingung ini blog mau diapain yak, mau di isi belon ngarti. Pas bikin akun pertama, tema dan ID-nya berat *tentang kebidanan* alhasil kalo mo posting harus yang bersangkutan dongs,,, ah salah pilih nama. Sebelom posting saya malah sibuk invite orang2, ga kenal juga ga napa, asal keliatan contact-nya banyak,,,ahahaha begitu pikir saya. Tapi nyatanya, nyari temen di MP itu susah juga ya. Walau di approve tapi ga bisa langsung akrab satu atau dua hari aja*yaeyalah* butuh proses yang panjanggg….

Saya pun jalan2 liat blog orang, blog walking gituuuu. Bah, tambah desperado,soalnya orang2 MP tulisannya bagus2 semua, postingannya udah ratusan dan bermutu semua. Lah, saya mau nulis apa pula. Pengalaman nulis gak punya. Akhirnya dipaksa-paksa nulis sama orang INI. Kebanyakan postingan saya akhirnya di isi sama kumpulan copy-paste dari sana sini, maklum, ga bakat nulis. Akhirnya capek copy-paste, saya pun jadi terinspirasi buat bikin tulisan INI ,,,, ahahahahahh lumayan nambah postingan. Tapi akhirnya berusaha inget2 dan buka folder2 di kompi, sapa tau ada tulisan lama. Ketemu!!! Cuma beberapa dan isinya ga penting semua(bener deh gak penting). Tapi saya dengan pedenya memposting,,ahahahahahh biarin dah, biar MP saya rame gitu loch.

Dan akhirnya MP saya campur aduk, yang tadinya blog saya bertema k*bidanan, malah jadi acak kadul karena postingan2 yang ga nyambung. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti……. Dan bikin blog baru….ahahahahahahh. ini nih blog yang sekarang inih. Nah, kalo sekarang kan saya jadi lebih bebas untuk posting apa aja, yang gaje juga boleh (kayak postingan inih), karena sudah gak terkurung dengan satu tema. Dan saya gak mau blog saya di isi sama copy-paste-an lagih. Alhamdulillah sekarang udah ada 30-an postingan (jah dikit amat) ini juga butuh perjuangan bikinnya tauk. Ahahahaha. Dan semua ori buatan sayah, walopun gaje semuah,, gapapa dah. Yang penting saya sekarang udah bisa nulis (dari esde juga udah bisa kalee). Walopun masi terbata-bata nulisnya, tapi saya akan terus belajar, biar bisa lebih baik, sampe nanti ada orang yang bilang “wow tulisan lo keren banget” (ngarepdotkom) ahahahahah. Dan juga biar bisa mewujudkan salah satu keinginan saya, yaitu : bikin buku. Huehehehehe. Kira2 nanti kalo jadi, saya bikin buku tentang apa yaaa?? *mikir* . Tapi yang pasti bukan buku k*bidanan. Eheheheheehehhh :p

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ wassalam

huhu,,,jgn benci gw T^T

nov, 10 2010


Sering banget terlintas dalam pikiran gw
“buset, gw jadi orang kok gini2 amat yak” *tertunduk lesu*

MALES…
Gw orangnya males.. malessssssssssssssssssssssss buanged pake D. entahlah, setan males udeh bersarang permanen di otak gw. Ini males, itu males. Ngerjain tugas males, belajar males, rapi2 males, mandi males, mikir males dsb. dll. dst…….
Cuman makan ama tidur yang ga males
Kenapa ya gw males banget, herrraaaaaannnnnnnnnnnnnnnnn. Pengen deh jadi orang rajin, orang pinter, orang disiplin, orang rapih. Tapi bro,, berat banget bro,, males gw udeh kronis (lho, pesimis bgt). pengen berubah dehhhhhhh. Bisa sih, tapi susahhh…… upss ….yang bener >>> susah sihh, tapi bisa . entah berapa orang yang udah jadi korban kemalasan gw. Emak gw yang sampe sekarang masi rajin rapiin kamar gw, karna slalu brantakan ;(. Huhu…. Aku juga ga tau ma, kok brantakan terus yah ~.~ udah sering gw bilang “ udah ma, ntar dedek aja yang rapiin” tapi hari hari berlalu, dan sang nyokap kembali turun tangan karena gw cuman ngemeng doang mao beresin kamar ~_~ argggghhh anak macam apa. Cucian baju juga sama aja, gw tumpuk dikamar dan bilang ke nyokap “udah ma, ntar dedek yang nyuci” tapi lagi2 sang nyokap turun tangan sebelum baju2 itu membusuk di pojokan kamar karena lagi2 gw selalu menunda-nunda buat cuci baju ~,~ ga Cuma dirumah, di asrama temen2 gw juga kena imbasnya. Karena kasur gw yang selalu berantakan, temen gw yang turun tangan buat beresin karena ga betah liat kasur gw udah kayak tempat sampah. Aduuhhhh bujug dahhh ampuunnnn… maapin gw,,, maapinnnnnnnnnn........

PELUPA
Ah udahlah males gw bahas yang ini dah. LUPA mungkin kata yang paling sering gw ucapin.
“sori, lupa”
“yah, lupa”
“aduh, lupa”
Entah berapa banyak hal yang gw lupa, auk dah lupa
Kayaknya otak gw kapasitas memorinya dikit nih, dikit yang dipake maksudnyah,, ahahahahh. Tugas ini lupa, janji itu lupa, siapa ini lupa, dimana itu lupa… arggghhhhhhh. Seakan-akan saat gw mengingat yang baru, ingatan lama ke-delete. Entah berapa banyak gw merugikan orang karena kelupaan gw ini. Ahhh kayaknya banyak banget, sampe ga bisa disebutin satu-satu (padahal lupa). Tapi kayaknya banyak merugikan gw juga. Sering dulu gw berangkat sekolah lupa bawa jajan, jadi musti maap lahir batin ama abang angkot lumayan sering. Sampe berkali-kali emak gw (lagi2 emak) nungguin di depan gang, biar pas gw turun angkot, emak gw langsung bayarin angkotnya ~_~ banyak banget temen gw yang sebel sama gw gara2 gw sering lupa. Misalnya gw disuruh bawa apa tapi gw lupa bawa, aduhh bener deh, gak berniat untuk lupa prend…. Jadinya temen2 gw sekarang ga terlalu berharap kalo mnta tolong bawa apa2 sama gw. Ato gak, mereka sms berkali2 sampe nelpon2in biar ga lupa lagi. Ahhh merepotkannya aku inii…..

CEROBOH
*keselek*
Ah ini lagi… entah berapa banyak kecerobohan gw yang membuat gw kesusahan dan merugi sendiri. Nyasar kesana, nyasar kesini, abis duit segini segitu dengan sia2. Pernah gw nyasar mau ke depok, malah ke serpong gara2 ga liat2 pas naek kereta (bisa liat critanya disini). Pernah 3 kali bulak balik angkot, padahal Cuma ke halte UI (masi deket dari rumah lah) gara2 ga tau halte UI yang mana(what???) dan gw bersikeras ga mau nanya2 orang laen(kura2 yang sombong). Dan entah berapa kali ketiduran di angkot dan kelewatan gang rumah ~_~ dan berkali-kali salah beli tiket kereta sehingga rugi duit berebu2 rupiah (halah,rugi 3 rebu aje palingan,,, tp tetep aje duit)


ARGGGGHHHHHHHHHHHHH…. GW MAU BERUBAHHHHHHHHHHH… HUHUHU MAU BERUBAHHHHHH… PELIS DONGS BANTU SAYAHHH T--------T….
JANGAN BENCI SAYAH GARA2 INIH….. SAYA JUGA GA MAU BEGINIHHH T------T
HUAAAAAAA…….ToT


Yak,wassalam ~the end